Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRIN dan SIG Jalani Kerja Sama Riset dan Inovasi untuk SDM Berkualitas

Kompas.com - 04/08/2023, 09:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG menjalani kerja sama riset dan inovasi yang bersifat aplikatif di bidang industri semen dan turunannya.

Kerja sama ini ditandatangani kedua belah pihak di Kantor Pusat BRIN, Gedung B.J. Habibie, Jakarta, pada Senin (31/7/2023).

Lalu, pemanfaatan bersama fasilitas sarana dan prasarana sesuai dengan kegiatan riset, advokasi kebijakan untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan, dan memberikan solusi produk dan jasa yang mendukung pemulihan ekonomi nasional dan respon terhadap aspek perubahan iklim, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

Baca juga: BRIN: Nikuba Milik Aryanto Misel Perlu Divalidasi secara Ilmiah

Inisiatif kerja sama ini sejalan dengan Pilar Keberlanjutan SIG untuk Mendorong Solusi dan Inovasi Berkelanjutan.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, pengembangan produk berbasis riset penting untuk dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk.

BRIN, kata dia, siap memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan hingga penyediaan sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, BRIN juga dapat memfasilitasi produk yang telah diproduksi dan dikembangkan untuk masuk ke katalog inovasi.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semuanya dari para pelaku usaha yang telah berkenan untuk bekerja sama dengan kami di BRIN untuk mendukung bisnis perusahaan agar lebih baik lagi ke depan," ucap Laksana Tri Handoko dalam keterangan resminya yang diperoleh Kompas.com, Kamis (3/8/2023).

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, SIG berkomitmen untuk menjalankan amanat pemerintah untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Penerima Beasiswa LPDP Pulang ke Indonesia

Komitmen ini salah satunya dilaksanakan melalui upaya dekarbonisasi dalam praktik bisnis perusahaan yang tercakup dalam sustainability roadmap perusahaan.

SIG secara konsisten telah melakukan berbagai upaya dekarbonisasi.

"Di antaranya melalui optimasi proses produksi untuk menghasilkan produk semen dengan kualitas terbaik, pemanfaatan bahan bakar alternatif sampah perkotaan yang dikelola menjadi refuse-derived fuel (RDF), hydrogen injection dan efisiensi energi termal (STEC)," ungkap Donny.

Selain itu, SIG mendukung pengembangan energi terbarukan melalui penggunaan panel surya untuk substitusi energi listrik pada unit-unit operasionalnya, serta optimasi gas panas buang dari proses produksi semen.

Baca juga: LPDP Punya Dana Rp 139 Triliun, Jokowi: Kampus Dunia Tawarkan Diri ke Indonesia

"Untuk mengakselerasi capaian dekarbonisasi, SIG tentunya membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak yang relevan, termasuk BRIN. SIG ingin terus berkontribusi melalui solusi dan inovasi berkelanjutan untuk memberi nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com