Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara LPDP Lacak Penerima Beasiswa yang Tak Pulang ke Indonesia

Kompas.com - 01/08/2023, 20:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memiliki cara melacak alumni penerima beasiswa LPDP yang tidak kembali ke Indonesia.

Kepala Divisi Hukum dan Komunikasi Badan Layanan Umum LPDP, Mohammad Lukmanul Hakim menyatakan, cara melacak yang dilakukan LPDP dengan cara menggandeng Direktorat Jenderal (Ditjen) Migrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Baca juga: Antusias Naik, LPDP Tingkatkan Penerima Beasiswa 2023 Jadi 7.000 Orang

"Kami itu punya tools (alat) untuk melacak alumni yang tidak kembali ke Indonesia dengan bekerja bersama Ditjen Imigrasi. Jadi orang sudah tap-in paspor terakhir di mana, maka akan bisa kita detect langsung," ucap dia kepada Kompas.com pada acara LPDP Fest di The Kasablanka Hall, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Dia menegaskan, masih banyak penerima beasiswa LPDP yang tidak balik ke Indonesia.

Terkait jumlahnya, dia tidak bisa memberikan secara gamblang. Karena, perlu melihat data terlebih dahulu.

Namun yang pasti, bagi penerima beasiswa LPDP yang tidak pulang sesuai jadwal yang sudah ditentukan, maka akan diberikan sanksi oleh LPDP.

"Akan disuruh ganti rugi semua yang diberikan LPDP ketika hidup dan kuliah di luar negeri. Ada hitungannya," ungkap dia.

Padahal, saat interview untuk memperoleh beasiswa LPDP sudah ada perjanjian harus kembali ke Indonesia.

Baca juga: Penerima Beasiswa LPDP yang Tak Balik ke Indonesia Rata-rata Sudah Berkeluarga

"Ketika wawancara, mereka harus balik lagi ke Indonesia, dan harus bisa berkontribusi dengan ilmu yang diperoleh dari luar," tegas dia.

Penerima beasiswa LPDP sudah enak bekerja di luar negeri

Dia mengungkapkan, penerima beasiswa LPDP yang tidak balik lagi ke Indonesia kebanyakan sudah berkeluarga.

"Biasanya yang tidak pulang, mereka yang sudah berkeluarga. Dan karena di luar sudah memperoleh hidup enak, khususnya bagi S3 di sana, pastinya anak juga memperoleh tunjangan dari negara setempat," tutur dia.

Tak hanya itu, faktor sudah bekerja juga membuat penerima beasiswa LPDP tidak balik ke Indonesia.

Baca juga: Agar Mudah Gapai Beasiswa LPDP, Pendaftar Harus Punya Ini

"Setelah lulus mereka megang (itu harus izin), ada yang tidak kembali dan tidak bilang-bilang. Itu karena gaji di sana besar, kalah dengan Indonesia," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com