Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Unhan Dilantik Jadi Wakil Kepala BRIN

Kompas.com - 04/08/2023, 09:45 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri melantik Laksamana Madya Prof. Amarulla Octavian sebagai Wakil Kepala BRIN.

Pelantikan dilaksanakan di Auditorium BJ. Habibie BRIN, Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Amarulla Octavian sebelumnya menjabat sebagai Rektor Universitas Pertahanan sejak 9 April 2020 dan sebagai dosen tetap sejak 2014.

Baca juga: BRIN: Nikuba Milik Aryanto Misel Perlu Divalidasi secara Ilmiah

Pria kelahiran Surabaya ini menyelesaikan gelar doktornya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada 2013.

Sebelumnya dia telah menempuh pendidikan militer di Akademi Angkatan Laut, lulus 1988.

Dia pernah menduduki sejumlah jabatan penting di antaranya sebagai Ajudan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009-2012.

Dia kemudian menjabat Kepala Gugus Tugas Tempur Laut Wilayah Barat (Guspurlabar) pada 2012-2013.

Sebelum menjadi Rektor Universitas Pertahanan, Amarulla Octavian pernah menduduki jabatan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan pada 2016-2018.

Selama berkarier di dunia militer, Amarulla Octavian telah mengukir sederet prestasi mulai dari Bintang Dharma, Bintang Yudha Dharma Nararya, Satya Lencana Kesetiaan, Satya Lencana Wira Nusa, hingga Satya Lencana Wira Karya.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko menyambut baik pelantikan kali ini.

Dia memastikan dengan adanya posisi baru ini, BRIN akan lebih cepat dalam mewujudkan ekosistem riset yang lebih baik di Indonesia.

"Saya dan seluruh Keluarga Besar BRIN menyambut gembira pelantikan Wakil Kepala BRIN pada hari ini. Dengan pelantikan ini hampir seluruh struktur organisasi telah lengkap, sekaligus memastikan bahwa BRIN akan mampu berlari lebih kencang sesuai harapan masyarakat luas," kata dia dalam keterangan resminya dikutip dari laman BRIN, Jumat (4/8/2023).

Handoko mengaku, BRIN sebagai organisasi yang membidangi riset dengan cakupan yang luas, kehadirannya sangat diharapkan khususnya dalam memberikan solusi berbasis riset dan inovasi atas permasalahan yang muncul di kalangan masyarakat luas.

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke 9 Negara, Tanpa Syarat IPK dan Gratis Akomodasi

Baginya, Amarulla Octavian adalah sosok yang tepat untuk membantu percepatan pelaksanaan tugas BRIN.

"Mengingat skala organisasi dan spektrum cakupan yang sedemikian luas yang menjadi tanggung-jawab BRIN, keberadaan Wakil Kepala BRIN menjadi tumpuan kami semua, dan khususnya saya secara pribadi," tegas dia.

Baca juga: LPDP Punya Dana Rp 139 Triliun, Jokowi: Kampus Dunia Tawarkan Diri ke Indonesia

Handoko mengungkapkan, bahwa dirinya telah banyak berdiskusi dengan Prof. Amarulla Octavian. Diskusi itu terkait banyak hal dan strategi untuk melakukan percepatan pelaksanaan tugas-tugas yang diemban BRIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com