Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Sekolah Kedinasan Kemenhub Masih Buka Pendaftaran hingga September

Kompas.com - 19/08/2023, 15:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada empat sekolah kedinasan milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih membuka pendaftaran taruna taruni baru yang ditutup akhir Agustus dan ada pula yang ditutup awal September 2023 mendatang.

Sekolah kedinasan Kemenhub yang masih membuka pendaftaran tersebut yakni Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malayahati Aceh, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang, Politeknik Transportasi Darat dan Sungai (Poltektrans SDP) Palembang, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan.

Melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan menjadi alternatif bagus karena banyak benefit yang bakal diperoleh. Termasuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di instansi yang berada di bawah naungan Kemenhub atau instansi/kementerian yang menaungi.

Dilansir dari masing-masing website maupun sosial media resmi sekolah kedinasan, Sabtu (19/8/2023) berikut informasi mengenai penerimaan taruna taruni baru di sekolah kedinasan milik Kemenhub yang masih dibuka.

Baca juga: Beasiswa bagi Mahasiswa S1 UGM, Raih Bantuan Rp 7,5 Juta Per Semester

Sekolah kedinasan Kemenhub yang masih buka pendaftaran

1. Poltekbang Palembang

Poltekbang Palembang mengundang putra-putri terbaik bangsa Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajat untuk dididik menjadi taruna perhubungan jalur non-reguler (Mandiri) yang profesional di bidang penerbangan, melalui Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Jalur Non-Reguler (Mandiri) Politeknik Penerbangan Palembang untuk memenuhi kebutuhan industri penerbangan di Indonesia.

Pendaftaran Poltekbang Palembang gelombang II ini sudah dibuka mulai 10 Agustus 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 7 September 2023 pukul 15.00 WIB.

Selanjutnya seluruh peserta diwajibkan mengikuti seluruh rangkaian seleksi yang ditetapkan. Bagi peserta Sipencatar jalur reguler pola pembibitan (Polbit) yang gagal pada rangkaian seleksi dan ingin berpindah ke jalur non-reguler (mandiri), maka hasil tahapan seleksi yang dinyatakan lulus Sipencatar Polbit tidak perlu dilakukan pada tahapan seleksi Sipencatar Mandiri.

Selanjutnya peserta hanya melakukan tahapan seleksi yang belum/gagal dengan melampirkan bukti kartu peserta Sipencatar Polbit.

Terdapat beasiswa pendidikan bagi pendaftar Sipencatar jalur Mandiri Tahun 2023 yang berhasil diterima masuk menjadi taruna taruni Politeknik Penerbangan Palembang untuk 5 peserta nilai terbaik pada proses seleksi Sipencatar Mandiri. Beasiswa diberikan berupa potongan biaya kuliah semester II sebesar Rp 5.000.000.

Baca juga: Simak 6 Cara Mengatasi Culture Shock bagi Mahasiswa Baru

Program studi yang tersedia untuk pendaftaran jalur ini adalah:

  • Diploma IV Teknologi Rekayasa Bandar Udara.
  • Diploma III Manajemen Bandar Udara.

Informasi detail pendaftaran gelombang II Sipencatar jalur non-reguler tahun akademik 2023/2024 meliputi tata cara pendaftaran, jenis dan biaya seleksi, tata cara pembayaran biaya seleksi, lokasi seleksi dan jadwal seleksi dapat diunduh melalui link https://drive.google.com/file/d/1AQ7Y9hXCAhi9ow9QON2iOrpdv59U68hu/view?usp=drivesdk

Pendaftaran ke Poltekbang dilakukan secara online melalui https://sipencatar.gel.2.poltekbangplg.ac.id


Baca juga: 7 Sekolah Kedinasan di Jawa Tengah bagi Lulusan SMA: Akpol hingga Akmil

2. Politeknik Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (Poltektrans SDP) Palembang

Penerimaan mahasiswa baru Sipencatar Pola Reguler Gelombang II diperpanjang sampai dengan 25 Agustus 2023. Pendaftaran bisa dilakukan di laman mendaftar melalui link https://bit.ly/daftarreguler2023.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com