Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Program Studi di USD Raih Akreditasi Unggul

Kompas.com - 11/07/2023, 10:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai bulan Mei kemarin Prodi Pendidikan Matematika Program Sarjana (S1) Universitas Sanata Dharma (USD) telah mendapatkan Akreditasi Unggul, kini giliran Prodi Pendidikan Sejarah.

Adapun Prodi Pendidikan Sejarah USD jadi salah satu prodi pelopor berdirinya FKIP USD yang berdiri pada 17 Desember 1955.

Kini, Prodi Pendidikan Sejarah berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (Lamdik) pada 7-8 Juni 2023.

Tentu hal ini sebagai upaya institusi yang secara konsisten mengupayakan peringkat Akreditasi A, atau kini Akreditasi Unggul.

Baca juga: Prodi Pendidikan Matematika S1 dan S2 USD Raih Akreditasi Unggul

Prodi Pendidikan Sejarah meraih Predikat Unggul berdasarkan SK No. 714/SK/LAMDIK/Ak/S/VI/2023 tanggal 27 Juni 2023 perihal Akreditasi Program Studi Pendidikan Sejarah pada Program Sarjana Uiversitas Sanata Dharma, Kabupaten Sleman.

Menurut Kaprodi Pendidikan Sejarah USD, Brigida Intan Printina, M.Pd.,
predikat ini berlaku mulai 5 September 2023 sampai dengan 4 September 2028.

"Prodi Pendidikan Sejarah berterimakasih atas dukungan berbagai pihak diantaranya yang turut berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan Asesmen Lapangan Lamdik Prodi Pendidikan Sejarah USD," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/7/2023).

Ia menjelaskan bahwa banyak tantangan yang perlu dibenahi berdasarkan saran berbagai pihak, yaitu penguatan pengembangan prodi, peningkatan kualitas SDM, dan kegiatan tridharma bersama mahasiswa.

Tentu harapan terbesarnya ialah berbenah dan mengembangkan berbagai kompetensi sesuai tuntutan, seraya menyerukan slogan prodi menjadi Prodi Pendidikan Sejarah yang inovatif dan berwawasan global menghasilkan lulusan yang bermartabat.

"Selain itu, Prodi Pendidikan Sejarah semoga dapat terus mempertahankan predikat Unggul di masa-masa yang akan datang," harap Intan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D., juga menyatakan syukur dan gembira atas akreditasi ini.

Menurutnya, keluarga besar FKIP USD bersyukur atas peringkat Akreditasi Unggul dari Lamdik untuk program studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sanata Dharma.

"Semoga perolehan peringkat tertinggi ini semakin meningkatkan kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah," ungkap dia.

Salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, Serena Maharani juga menyampaikan rasa senang dan syukur dengan akreditasi unggul ini.

Baca juga: 1.261 Mahasiswa KKN USD Siap Sinergi-Kolaborasi dengan Masyarakat

"Di Prodi Pendidikan Sejarah para dosennya baik banget, membantu sekali pokoknya. Harapannya, semoga dosen, tenaga pendidik, dan juga para tendik di program studi ini semakin meningkatkan kualitas pelayanannya ke depan," terang dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com