Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2023, 10:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa yang akan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) perlu persiapan agar mendapatkan hasil terbaik.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan mahasiswa untuk menghadapi UTS. Dilansir dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek), Senin (23/10/2023) membagikan tips sukses menghadapi UTS.

Apa saja tips sukses hadapi UTS ala Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek? Simak informasinya sampai selesai.

Baca juga: Cerita Keseharian Mahasiswa Kedokteran UGM, Belajar 3-6 Jam Sehari

Tips sukses hadapi UTS

1. Kenali dan tentukan gaya belajar versi kamu

Mahasiswa memiliki gaya belajar berbeda-beda. Kamu bisa belajar sesuai dengan gaya belajar kesukaanmu agar materi ujian bisa dipahami dengan baik. Ada beberapa gaya belajar, seperti:

  • Visual: belajar lebih mudah dengan memahami gambar, diagram/grafik, mindmap dan obyek visual lainnya.
  • Auditory: Gaya belajar ini mudah memahami materi pembelajaran melalui metide lisan, berdiskusi dan mendengarkan audiobook atau podcast.
  • Read/write: Gaya belajar terasa lebih efektif dengan mencatat dan menyusun poin pembelajaran secara terstruktur supaya mudah dibaca.
  • Kinestetik: Gaya belajar ini mudah memahami materi dari teori pembelajaran dengan mempraktikkannya secara langsung.

2. Belajar dengan cerdas

Alih-alih belajar keras dan menghabiskan energi, kamu bisa belajar dengan cerdas dengan menerapkan cara ini, yakni:

  • Belajar dengan teknik mencicil materi setiap hari menjelang ujian. Lebih baik tidak menerapkan belajar Sistem Kebut Semalam (SKS) menjelang ujian karena hal itu justru kurang efektif.
  • Memahami konsep dari suatu rumus supaya tidak hanya sekadar ingat materi pelajaran.
  • Berusaha menyeimbangkan waktu belajar dan istirahat untuk kesehatan mental serta kinerja akademis yang baik. Jika mahasiswa terlalu memforsir diri untuk belajar juga tidak baik untuk kesehatan.


Baca juga: 5 PTN Ini Buka Penerimaan Maba Jalur Ketua OSIS, Ada IPB dan Unair

3. Gunakan aplikasi pendukung untuk membantu saat belajar

Di era teknologi seperti sekarang, ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar, seperti:

  • Google calender: Aplikasi ini untuk menyusun jadwal ujian supaya tenggat pengumpulannya tidak terlewati.
  • Notion: Aplikasi ini untuk membuat catatan secara rapi dan teratur. Sehingga akan memudahkanmu mencari materi saat menjelang ujian.
  • Google cendekia: Mesin pencarian berbagai literatur ilmiah yang dapat dijadikan sebagai sumber dalam mengerjakan ujian.
  • Grammarly: Aplikasi ini dapat mendeteksi kesalahan kosa kata dan struktur kalimat dalam tugas atau ujian yang menggunakan bahasa Inggris.

4. Atur waktu untuk hasil belajar yang maksimal

Untuk manajemen waktu dan menjaga fokusmu, mahasiswa dapat menggunakan teknik Pomodoro saat belajar. Metode ini akan membantumu menyeimbangkan waktu belajar dan istirahat supaya tidak mudah stres menjelang pelaksanaan ujian.

5. Ciptakan suasana belajar yang nyaman dan suportif

Suasana belajar yang nyaman akan membantumu meningkatkan fokus dan menyerap materi pembelajaran lebih cepat. Selain itu mahasiswa juga dapat membuat kelompok belajar untuk menciptakan metode pembelajaran yang lebih variatif.

Baca juga: 7 Hal Penting yang Harus Dilakukan Mahasiswa di Semester Awal

Demikian informasi mengenai tips sukses hadapi UTS yang perlu diketahui mahasiswa. Baik tugas dari dosen, ujian tengah semester hingga ujian akhir semester perlu dijalani dengan optimal agar mendapatkan hasil terbaik pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com