Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

38.161 Madrasah Telah Implementasikan Kurikulum Merdeka

Kompas.com - 05/10/2023, 11:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengaku, sebanyak 38.161 madrasah sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Plt. Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kemenag, Sidik Sisdiyanto mengatakan, semua madrasah itu telah menggunakan Kurikulum Merdeka sejak 2022.

Baca juga: Tak Pernah Bolos Kuliah, Cara Embun Lulus Kuliah dan Gapai IPK 3,98

Dari 38.161 madrasah yang telah menggunakan Kurikulum Merdeka, terdiri dari 11.643 lembaga di tingkat RA, 14.059 lembaga di tingkat MI, 8.095 lembaga di tingkat MTs, dan 4.364 lembaga di tingkat MA/MAK.

"Mereka ikut ambil bagian dalam gerakan perubahan ini sampai dengan 2023. Ini langkah kongkret Kemenag di program Kurikulum Merdeka. Kami di Direktorat KSKK Madrasah sudah melakukan banyak hal, dalam rangka penguatan implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah," kata dia dikutip dari laman Kemenag, Kamis (5/10/2023).

Dia menjelaskan, Kemenag berupaya keras melakukan sosialisasi implementasi Kurikulum Merdeka secara daring maupun luring kepada Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab/Kota, kepala Madrasah, dan para guru.

"Kami juga sudah melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka secara daring yang diikuti oleh 643.159 peserta yang terdiri dari Kepala Madrasah dan guru madrasah se-Indonesia. Bahkan kita juga melaksanakan Training of Trainer (ToT) dan Bimtek IKM bekerjasama dengan World Bank," jelas dia.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam turut menggandeng Pusdiklat dan BDK seluruh Indonesia untuk melakanakan Training of Trainer (ToT) dan Bimtek IKM berbasis komunitas.

Baca juga: Lulus S3 dengan IPK 4,00 di UPI, Puri: Semua Itu karena Suami dan Anak

"Itu sebagai upaya percepatan penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah," ungkap dia.

Demi mengoptimalkan penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah, Direktorat KSKK Madrasah Ditjen Pendidikan Islam bersama seluruh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi dan Kelompok Kerja Pengawas terus mengawal program ini.

"Langkahya dengan melakukan pendampingan-pendampingan agar tercapai tujuan yang diharapkan," sebut dia.

Implementasi Kurikulum Merdeka adalah komitmen nyata pemerintah Indonesia untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan bagi generasi muda.

Baca juga: Gandeng Prof. Yohanes Surya, Kemenag Gunakan Metode Gasing di Madrasah

"Kemenag bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk memastikan generasi madrasah mendapatkan manfaat dari program yang dijalankan," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com