Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 15 Golden Ticket IPB 2024, Siswa SMA Tertarik?

Kompas.com - 27/09/2023, 15:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ipb.ac.id

KOMPAS.com - Bagi siswa SMA/sederajat yang ingin kuliah di IPB 2024, maka bisa ikut Future Agile Leader Program (FALP) 2023.

Jika ikut kegiatan tersebut dan terpilih masuk 15 besar, maka bisa masuk IPB University tahun depan tanpa tes.

Dilansir dari laman IPB University, Selasa (26/9/2023), FALP merupakan inkubator kepemimpinan yang mewadahi siswa-siswi SMA/sederajat di Indonesia.

Program yang sudah berjalan sejak 2021 itu mengusung tema “Empowering Gen-Z: Building Resilient Agile Leaders” untuk FALP 2023 ini.

Baca juga: Guru Besar IPB: Analisis Karhutla dengan Konsep Pemodelan Matematis

Menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) Walneg S Jas, FALP merupakan program tahunan yang diselenggarakan DPP HA IPB University dan merupakan salah satu proyek besar dalam program Mentoring Leader.

Adapun tujuan dari FALP yakni untuk memberikan pendampingan kepemimpinan yang komprehensif kepada para aktivis badan pengurus harian (BPH) organisasi/ekstrakurikuler pada tingkat SMA/sederajat di seluruh Indonesia.

Nantinya, program ini dilaksanakan dari September hingga Desember 2023.

"Forum FALP, di samping niatnya menempa bakat dan skill kepemimpinan adik-adik pelajar, kami juga akan memperkenalkan bahwa IPB University selalu hadir untuk membantu masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa," ujarnya dikutip dari laman IPB.

Tak hanya itu saja, program FALP juga merupakan respons persoalan kepemimpinan bangsa saat ini.

Di mana masih banyaknya kasus korupsi, miss-management, dan kejadian-kejadian yang menunjukkan kualitas kepemimpinan kurang bagus.

Oleh karena itu, generasi penerus bangsa perlu digembleng agar menjadi pemimpin lebih baik di masa mendatang.

Program FLAP dapat diikuti oleh aktivis Organisasi Siswa Intra Sekolah dan organisasi ekskul lainnya.

Program ini sekaligus berfungsi sebagai media untuk mengenal IPB University serta inovasi-inovasi yang telah dikembangkan. Ia berharap, pendaftar FALP tahun ini mencapai 5.000 hingga 6.000 orang.

Nantinya, puncak kegiatan FALP 2023 bakal diundang 50 orang peserta terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan Leadership Camp.

Hingga pada akhirnya akan terpilih sebanyak 15 Best Young Leaders yang berhak mendapatkan penghargaan berupa tiket Free Pass untuk menjadi mahasiswa di IPB University.

Nanti dari 5.000 sampai 6.000 pendaftar akan disaring secara administrasi sampai terpilih 50 orang.

Baca juga: Orasi di IPB, Presiden Jokowi: Inovasi Beras dan Cabai Harus Dibagikan ke Masyarakat

"Sebanyak 50 orang inilah yang akan digembleng secara serius di bootcamp-nya Mentoring Leader untuk menemukan 15 orang yang mendapat golden ticket masuk IPB University tahun depan," pungkas Walneg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com