Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G20 Berkomitmen terhadap Pendidikan Berkualitas

Kompas.com - 12/09/2023, 08:23 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Co-Chair G20 Empower Indonesia, Rinawati Prihatiningsih mengaku, G20 berkomitmen untuk kesetaraan akses terhadap pendidikan berkualitas, terutama di bidang STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika).

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Adapun tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Banyak Jurusan Lulusan S1 dan S2

Tak lupa, G20 juga berkomitmen untuk mengurangi kesenjangan dalam partisipasi tenaga kerja perempuan.

"G20 dengan tegas menggaris bawahi komitmennya untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi dan sosial perempuan serta partisipasi perempuan dalam pengambilan keputusan global," kata dia dikutip dalam keterangannya, Selasa (12/9/2023).

Semua komitmen itu telah mendapatkan kesepakatan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di New Delhi yang berlangsung pada 9-10 September 2023.

Pemimpin-pemimpin G20 berkumpul di saat yang bersejarah ini, menyadari keputusan-keputusan yang mereka buat sekarang akan berdampak besar pada masa depan planet bumi dan kesejahteraan rakyat dunia.

"Mereka menyadari kerja sama G20 memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan arah dunia ini," jelas perempuan yang juga jadi Ketua Komite Bidang Pendidikan Iwapi.

Dia menyebut, dalam kesepakatan yang dicapai, G20 secara tegas menegaskan pentingnya kesetaraan gender.

"Mereka memahami bahwa investasi dalam pemberdayaan semua perempuan dan anak perempuan memiliki efek berlipat ganda dalam pelaksanaan Agenda PBB di tahun 2030," ungkap dia.

Baca juga: Hadapi El Nino, Periset BRIN: Musim Kemarau Akan Cukup Panjang

Asal tahu saja, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan, pemerintah mendorong adanya kesetaraan gender, khususnya perempuan bisa menikmati bangku pendidikan yang lebih baik.

Kesetaraan gender itu selalu digaungkan dalam acara G20.

Bahkan, bermitra dengan pemerintah dan negara anggota G20 lainnya untuk menerapkan kebijakan terkait peningkatan peran perempuan dalam posisi manajerial.

Baca juga: Deretan 11 Beasiswa S2 Dalam Negeri, Bisa Kuliah Gratis

"Forum G20 telah berkembang sangat signifikan. Deklarasi Pemimpin G20 pada presidensi tahun ini, menjadi momentum pertama kali dituangkannya komitmen terkait pemberdayaan perempuan dan kesetaraaan gender dalam butir terpisah," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com