Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan 11 Beasiswa S2 Dalam Negeri, Bisa Kuliah Gratis

Kompas.com - 08/09/2023, 07:05 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulusan S1 yang berencana cepat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, ada beasiswa S2 dalam negeri yang bisa kamu coba.

Beasiswa S2 dalam negeri ini memberikan sejumlah fasilitas, seperti biaya kuliah yang memberikan benefit kuliah S2 gratis hingga tunjangan lainnya.

Selain diselenggarakan pemerintah, beasiswa S2 dalam negeri ini juga diselenggarakan beberapa perusahaan swasta.

Dilansir dari laman resmi masing-masing, berikut deretan beasiswa S2 dalam negeri yang bisa kamu coba.

Baca juga: Kisah Arum, Guru PAUD yang Raih Beasiswa S2, Lulus dengan IPK 4,00

Beasiswa S2 dalam negeri

1. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Beasiswa dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini menjadi salah satu beasiswa favorit para mahasiswa karena benefit yang diberikan.

Jika kamu berhasil lolos beasiswa LPDP, selain bisa memilih kampus luar negeri untuk kuliah S2, beasiswa LPDP juga bisa untuk kuliah S2 dalam negeri. Informasi lengkap beasiswa LPDP bisa dibaca di laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/.

2. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Sama seperti LPDP, beasiswa BPI ini bisa mengantarkanmu kuliah S2 di dalam negeri secara gratis.

Beasiswa S2 dari beasiswa Pendidikan Indonesia ada beberapa kategori.

Mulai dari Beasiswa S2 perguruan tinggi akademik (PTA), beasiswa S2 perguruan tinggi vokasi, Beasiswa S2 Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Beasiswa S2 Pelaku Budaya, Beasiswa Indonesia Maju.

Informasi mengenai Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) bisa dibaca lewat laman ini https://beasiswa.kemdikbud.go.id/informasi/.

3. Beasiswa S2 Kominfo

Beasiswa S2 untuk Dalam dan Luar Negeri Kementerian Komunikasi dan Informatika ini telah berlangsung sejak tahun 2007 diperuntukkan bagi masyarakat Indonesia agar dapat menempuh tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Beasiswa S2 Dalam Negeri diselenggarakan bagi PNS Pusat maupun Daerah, serta anggota TNI/POLRI dan juga masyarakat umum dari kalangan profesional dan instansi swasta untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana dalam aspek pengembangan kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

Informasi lengkap beasiswa S2 Kominfo bisa dibaca di laman https://beasiswa.kominfo.go.id/.

4. Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB)

Beasiswa kolaborasi dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama ini juga bisa digunakan untuk kuliah S2 dalam negeri.

Beasiswa S2 Dalam Negeri adalah beasiswa penuh yang merupakan program beasiswa kolaborasi antara Kementerian Agama dan LPDP yang diberikan kepada lulusan program D4 atau S1 yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk melanjutkan studi jenjang S2 di Perguruan Tinggi dalam negeri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com