Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mahasiswa PNJ Raih Beasiswa S2 di Coventry University karena IISMA

Kompas.com - 06/09/2023, 14:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dua mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Wulan Trianti dan Zefanya Difa bersyukur karena bisa mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Keduanya meraih beasiswa S2 dari Coventry University, United Kingdom (UK). Tentu, ini menjadi kesempatan yang harus diambil.

Ternyata, keduanya adalah alumni Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) 2022 yang juga dulu di Coventry University.

Dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Rabu (6/9/2023), keduanya menjalani magang 6 bulan di kampus Coventry University.

Baca juga: 7 Beasiswa Kuliah yang Masih Tersedia di UM Surabaya

Usai magang mereka kemudian mendaftar kembali di perguruan tinggi yang sama untuk program S2.

Professor of Supply Chain Management dari Coventry University, Benny Tjahjono, mengatakan bahwa Coventry University memang memberikan peluang beasiswa penuh kepada 20 politeknik di Indonesia.

Beasiswa diberikan karena Coventry University tertarik untuk mencari talenta-talenta berbakat yang berasal dari politeknik-politeknik di Indonesia, di antaranya adalah PNJ.

"Dari 42 pendaftar kemudian terjaring 15 orang di tahap seleksi pertama. Kemudian dalam seleksi kedua terjaring 5 orang dan tahap terakhir hanya 3 orang yang lolos," ujar Prof. Benny.

Dan ternyata, para mahasiswa yang lolos dapat beasiswa tersebut ialah alumni IISMA 2022. Mereka bisa menunjukkan kualitas sangat baik ketika mengikuti program IISMA di Coventry University.

Prof. Benny juga menjelaskan bahwa para mahasiswa tersebut tidak hanya bisa ikut program S2 selama satu tahun, tetapi mereka juga bisa mengikuti program S3 selama dua tahun di kampus tersebut jika menunjukkan prestasi akademik yang bagus.

Sementara Direktur PNJ, Zainal Nur Arifin mengaku bangga karena dua mahasiswanya dapat melanjutkan belajar ke jenjang selanjutnya di Coventry University.

"Semoga ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri para mahasiswa vokasi lainnya," jelas Zainal.

Adapun sebanyak 26 penerima beasiswa (awardee) IISMA telah diberangkatkan menuju Inggris pada Senin (4/9/2023).

Baca juga: Ini Manfaat Magang bagi Mahasiswa atau Fresh Graduate

Mereka merupakan para mahasiswa dari sejumlah politeknik di Indonesia yang akan mengikuti program IISMA di Coventry University.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com