Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Arum, Guru PAUD yang Raih Beasiswa S2, Lulus dengan IPK 4,00

Kompas.com - 06/09/2023, 13:48 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di tengah kesibukan menjadi guru sekaligus kepala sekolah, tidak mengendurkan semangat Anastasia Arum Sari Dyahningtyas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2.

Kepala sekolah jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) PG dan TK Pangudi Luhur Yogyakarta itu baru saja diwisuda di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Summa Cumlaude 4,00. 

Kepada Kompas.com, perempuan yang akrab disapa Arum ini mengatakan, saat memutuskan melanjutkan pendidikan S2 di UNY, dia tak menargetkan harus meraih IPK sempurna.

Dia hanya berusaha melakukan terbaik pada setiap hal. Termasuk saat menjalani program Magister jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di UNY. 

Baca juga: Cerita Taufik, Kerjakan Skripsi 3 Bulan 20 Hari, Lulus IPK 3,96

Selesaikan studi S2 di tengah kesibukan jadi guru

Kesungguhan Arum dalam menjalani studi S2 ini membuatnya bisa lulus S2 hanya dalam 4 semester dan mendapatkan nilai IPK 4,00.

"Motivasi saya dari dulu memang ingin lanjut S2 untuk meningkatkan kualitas pribadi sebagai pendidik. Kemarin sempat galau milih jurusan yang linier dengan S1 saya Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma. Tapi sudah selama 17 tahun ini berkecimpung di pendidikan anak usia dini. Sehingga belum mantap rasanya kalau tidak menempuh pendidikan formal di bidang pendidikan anak usia dini," terang Arum kepada Kompas.com, Rabu (6/9/2023).

Tak hanya menjabat sebagai Kepala Sekolah dan guru di PG TK Pangudi Luhur Yogyakarta, Arum juga mengemban tugas lain sebagai Ketua Pengembang Kurikulum dan Pembina Yayasan Pangudi Luhur.

Sehingga Arum akhirnya lebih mantap memilih jurusan Pendidikan Anak Usia Dini saat melanjutkan pendidikan S2 di UNY.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Gates Cambridge 2024 Segera Dibuka, Tunjangan Rp 389 Juta

"Karena saya punya tanggung jawab lain, sehingga pendidikan bidang yang sesuai implementasinya lebih cocok," imbuhnya.

Arum membuat tesis dengan judul Efektivitas Pembelajaran "Total Physical Response" Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris dan Motivasi Belajar pada Anak Usia 5-6 Tahun".

"Dari hasil penelitian, TPR ini tidak hanya bisa meningkatkan kemampuan kosakata tapi juga ke motivasi belajar," terang Arum.

Baca juga: Berapa Syarat Minimal IPK Kuliah S2 di Luar Negeri? Simak Infonya

Lanjut S2 dengan beasiswa dari Yayasan Pangudi Luhur

Keinginan Arum untuk melanjutkan S2 ini didukung oleh pihak Yayasan Pangudi Luhur. Arum mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 karena prestasi-prestasi yang telah diukirnya. 

Arum telah mengantongi sejumlah prestasi selama menjabat sebagai kepala sekolah PG TK Pangudi Luhur Yogyakarta.

Arum pernah menyabet juara lomba kepala sekolah berprestasi tingkat jenjang TK Kota Yogyakarta tahun 2014.

Kemudian juara I lomba kepala sekolah berprestasi jenjang TK tingkat Kota Yogyakarta tahun 2019 dan juara II kepala sekolah berprestasi jenjang TK tingkat Kota Yogyakarta tahun 2019. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com