Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Farhan Lulus dari UB IPK 3,9 dalam Waktu 2 Tahun 6 Bulan

Kompas.com - 29/08/2023, 18:27 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bisa lulus dari perguruan tinggi dan langsung dapat kerja tentu menjadi impian semua mahasiswa.

Seperti cerita Farhan Indra Dwi Putra, setelah lulus dari Universitas Brawijaya (UB) bisa langsung diterima kerja.

Farhan adalah wisudawan terbaik di Fakultas Vokasi Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan Universitas Brawijaya periode II Tahun Akademik 2023/2024.

Ia sendiri lulus dengan IPK 3,95 dan masa lulus 2 tahun 6 bulan.

Baca juga: Kisah Fairuz Lulusan Termuda UB yang Dapat IPK 3,5 Lebih

Lulus di bulan Mei 2023, Farhan sudah diterima bekerja di Puninar Logistics (Triputra Group) Tax Compliance Staff. Ia merasa sangat bersyukur karena bisa bekerja tidak lama setelah lulus.

“Bermodal pengetahuan dan pengalaman yang saya dapat selama UB saya bisa diterima di salah satu perusahaan swasta terbaik di Jakarta Timur,” ujar wisudawan asli Bandar Lampung ini, dilansir dari rilis UB.

Ia juga menyampaikan gaji yang didapatkannya pun diatas gaji UMR Jakarta. Selama menjadi mahasiswa Farhan aktif berprestasi dan berorganisasi.

Misalnya ia pernah mendapatkan Best Presentation Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan Universitas Negeri Medan serta Top 5 Olimpiade Vokasi Indonesia (OLIVIA).

Selain mengasah kemampuan di bidang Akademik, Farhan juga mengikuti kegiatan kemahasiswaan seperti Himpunan Mahasiswa Perpajakan Vokasi.

Selain itu ia juga aktif di organisasi mahasiswa daerahnya Forum Daerah Mahasiswa Sumatera Selatan.

SMA jurusan IPA, kuliah jurusan IPS

Pilihan minatnya di perpajakan awalnya menjadi tantangan selama kuliah karena waktu Sekolah Menengah Atas (SMA) ia dari jurusan IPA.

“Namun hal tersebut tidak mematahkan semangat saya untuk terus tetap belajar mengasah kemampuan agar bisa bersaing dengan teman-teman yang lain,” ujarnya.

Ia juga memanfaatkan kewajiban magang dari fakultas untuk mengasah pengetahuan dan kemampuannya saat magang ia memilih di salah satu Kantor Konsultan Pajak di Malang.

Kesempatan magang juga membuatnya cepat mengerjakan tugas akhirnya yang mengambil judul Implementasi Pemanfaatan Pengembalian Pendahuluan atas PPN Lebih Bayar pada PT A.

Tugas akhir ini ia ambil karena menurutnya percepatan restitusi melalui Pengembalian Pendahuluan dengan menggunakan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 209/PMK.03/2021 perlu wajib pajak ketahui.

Baca juga: Jihan, Lulusan UB Bisa Wujudkan Mimpi Kuliah di Luar Negeri

Ia menilai fasilitas ini dapat mempermudah wajib pajak dalam melakukan restitusi dan hanya memakan waktu singkat.

Dengan adanya pengembalian pendahuluan, Perusahaan dapat mengalokasikan tambahan aliran kas tersebut untuk pendanaan kegiatan usahanya di tahun pajak berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com