Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Apia, Kuliah S2-S3 Gratis di UGM lewat Beasiswa PMDSU

Kompas.com - 06/09/2023, 17:25 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apia Dewi Agustin (23), lulusan S1 Universitas Gadjah Mada (UGM) berkesempatan melanjutkan studi S2-S3 di UGM secara gratis.

Gadis yang akrab disapa Apia ini bisa meneruskan pendidikan Master lanjut Doktor di UGM melalui beasiswa PMDSU (Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) Kemendikbud Ristek

Saat kuliah S1 di UGM, Apia juga  bisa kuliah gratis karena mendapatkan biaya pendidikan dengan memanfaatkan beasiswa Bidikmisi dan beasiswa KAFEGAMA (Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM).

Apia merupakan anak seorang petani di pedesaan Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Kisah Apia kuliah S1 di UGM mampu mematahkan stigma jika anak kampung dengan kondisi perekonomian terbatas sulit untuk kuliah.

Baca juga: Beasiswa Bright Scholarship 2023 bagi D4/S1, Bebas UKT dan Uang Saku

Seleksi beasiswa PMDSU sangat ketat

Dengan tekad kuat dan semangat yang tak pernah redup, Apia berhasil lulus dari prodi S1 Akuntansi FEB UGM dengan predikat Cumlaude tahun 2022 lalu.

Perempuaan yang sempat bekerja sebagai Project Management Analyst di salah satu Multi National Company di Indonesia ini menjelaskan, jalan mendapatkan beasiswa PMDSU ini berlangsung sangat ketat.

Beasiswa PMDSU ditujukan untuk menghasilkan doktor yang bermutu, mempercepat penambahan dosen bergelar doktor, dan juga mempercepat peningkatan publikasi internasional.

Beasiswa ini hanya dibuka dua tahun sekali, dengan persyaratan lulusan pendaftar maksimal satu tahun terakhir untuk program sarjana, dan usia tidak lebih 24 tahun.

Tidak hanya itu, beasiswa ini biasanya dibuka dua tahun sekali dan tidak semua universitas di Indonesia dapat menjadi mitra dari program ini.

Melalui program beasiswa ini, Apia menjadi salah satu dari 300 sarjana unggul yang beruntung untuk didik menjadi doktor muda dengan menempuh pendidikan pascasarjana secara akselerasi di jenjang S2 dan S3 maksimal 4 tahun mulai tahun 2023 ini.

Saat ini Apia sedang terdaftar sebagai mahasiswa semester 1 pascasarjana di Magister Sains dan Doktor Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM di program studi Akuntansi, di bawah bimbingan promotor Prof. Mahfud Sholihin, Ph.D.

Baca juga: Beasiswa Mahaghora 2023 untuk D4-S1, Beri Biaya Kuliah 8 Semester

Selalu jadi bintang kelas sejak SD hingga SMA

Apia lahir dari keluarga sangat sederhana di salah satu pelosok desa yang jauh dari pusat kota di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sejak SD hingga SMA, Apia selalu menjadi bintang kelas dan menduduki peringkat pertama.

Bahkan ketika SMA, Apia sering mengikuti lomba dan menjadi juara umum selama tiga tahun berturut serta menjadi lulusan terbaik di salah satu SMA terbaik di daerahnya.

Saat SMA pun, dia mendapatkan beasiswa penuh untuk pembayaran SPP karena prestasinya tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com