Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa S1 Amartha Cendekia Disalurkan, Bantuan Dana Rp 22 Juta Per Tahun

Kompas.com - 07/09/2023, 12:19 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peluang melanjutkan pendidikan tinggi kian terbuka lebar. Ada banyak pilihan beasiswa untuk melanjutkan kuliah, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya beasiswa Amartha Cendekia. Beasiswa ini menyasar pelajar perempuan yang tinggal di desa.

Aria Widyanto selaku Chief Risk Officer Amartha menjelaskan, alasan yang melatarbelakangi hadirnya beasiswa Amartha Cendekia karena pihaknya memiliki perhatian terhadap perkembangan pendidikan yang kurang merata di Indonesia.

“Jangan sampai pendidikan hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang berada di kota, maka kita ingin mendorong perekonomian yang ada di desa,” kata Aria pada acara penganugerahan beasiswa Amartha Cendekia di Jakarta.

Baca juga: Daftar Beasiswa S1 ke Singapura, Jepang, Korsel hingga Kanada 2024

Selain itu, lanjut dia, banyak orangtua di pedesaan yang menganggap setelah lulus sekolah, maka anaknya akan dinikahkan dan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Padahal, perempuan juga memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang setara dengan laki-laki.

“Misalnya di desa-desa setelah selesai sekolah, anak perempuan akan langsung dinikahkan padahal mereka juga berhak untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menerangkan melihat ketimpangan akses pendidikan terhadap perempuan membuat Amartha memberikan kuota penerima beasiswa amartha cendekia lebih besar untuk kaum perempuan.

Saat mendaftar beasiswa ini, terdapat kriteria khusus yaitu pelajar diutamakan perempuan yang berada di desa-desa dan orangtuanya pelaku UMKM.

Aria menerangkan pendidikan juga menjadi pondasi untuk mengubah kesuksesan dan ekonomi seseorang.

Baca juga: 11 Beasiswa S2-S3 Pendaftaran September 2023, Kuliah Gratis hingga Tunjangan

“Dengan pendidikan, mereka memiliki bekal untuk merubah perekonomian dan kesejahteraan hidupnya,” tutup Aria.

Awalnya, pihak amarta hanya memberikan beasiswa kepada pelajar SMA tetapi melihat situasi dan perkembangan yang ada maka pada tahun 2022 dibuka beasiswa untuk mahasiswa.

Di tahun 2023 ini, beasiswa Amartha Cendekia resmi diberikan untuk 150 pelajar terpilih. Mereka akan mendapatkan bantuan dana pendidikan sebesar Rp 22 juta per tahun. 

“Pada tahun 2022 saat itu terdapat 30 pelajar yang terpilih dari 1.00Selain mendapatkan biaya pendidikan, pelajar juga akan mendapatkan pendampingan dari mentor.0 pendaftar dan tahun ini mengalami peningkatan kuota sehingga terpilih 150 pelajar dari 5.167 pendaftar,” ujarnya 

Dalam kesempatan ini, turut hadir perwakilan penerima beasiswa Amartha Cendekia tahun 2022 dan 2023.

“Saya mendapatkan beasiswa dari Amartha dan saya mengetahui beasiswa ini dari ibu saya karena beliau merupakan mitra UMKM Amartha. Saya mengucapkan terimakasih kepada amartha karena sudah memberikan saya kesempatan hingga saya lulus,” ujar Diana Safitri.

Diana juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Amartha. Ia ditempatkan di posisi business partner dan merasa nyaman sehingga ingin terus berada di sini.

Selain Diana, hadir juga penerima beasiswa lain yaitu Nabella yang dapat melanjutkan studinya di Universitas Airlangga (Unair) jurusan teknologi sains data.

“Saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada amarta karena telah mewujudkan mimpi saya. Tahun ini saya bisa kuliah di kampus impian saya,” kata Nabela.

Baca juga: Beasiswa S3 ke Inggris Segera Dibuka, Tunjangan Rp 467 Juta Per Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com