Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Prodi Keperawatan Ukrida Terapkan Compassion sebagai Nilai Dasar Pendidikan

Kompas.com - 03/01/2023, 19:25 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) berkomitmen menerapkan compassion dalam sistem pendidikan program studi (prodi) Keperawatan.

Compassion adalah sebuah bentuk kepedulian terhadap orang lain yang diikuti dengan keinginan untuk membantu.

Penerapan compassion di prodi Keperawatan Ukrida berangkat dari sebuah keresahan mengenai pergeseran nilai identitas perawat.

Ukrida menilai, karakter compassion atau belas kasih saat ini tidak mudah ditemukan dalam unit-unit pelayanan kesehatan. Bahkan, ada banyak keluhan-keluhan yang didasarkan atas sikap perawat yang dianggap tidak sebagaimana mestinya.

Menurut penelitian Sommers, Tarihoran, Sembel, dan Tzeng (2017), perawat Indonesia digambarkan jauh dari sosok "angel" yang diharapkan oleh masyarakat.

Baca juga: Mahasiswi Keperawatan yang Curhat Pasang Kateter di TikTok Akhirnya Minta Maaf dan Ditarik dari Tempat Praktik

Padahal menurut Dietze, E.V, dan Orb, A (2000), salah satu elemen mendasar dari asuhan keperawatan adalah compassion.

Pasalnya, compassion dapat menjadikan perawat lebih dekat dengan pasien dan melihat situasi pasien lebih dari prosedur rutin medis. Hal ini sesuai dengan studi yang dilakukan oleh Torjuul et al, (2007).

Tidak dapat dipungkiri bahwa kelangkaan nilai compassion bukan tanpa sebab. Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Wright (2004) bahwa aspek teknis dan manajerial perawatan lebih diprioritaskan daripada pemberian perawatan.

Selain itu, perluasan peran perawat juga dianggap telah mengikis esensi keperawatan itu sendiri.

Baca juga: Unand Padang Kirim Tim Perawat untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

Penelitian yang dilakukan oleh Michelle Rydon-Grange (2018) mengungkapkan tiga ciri-ciri organisasi yang sering dikaitkan dengan perawatan tanpa compassion.

Pertama, rumah sakit (rs) akan kekurangan staf. Kedua, pola shift kerja berlebihan. Ketiga, sebuah rs hanya terfokus pada pencapaian efisiensi layanan.

Lebih jauh tentang compassion

Untuk diketahui, compassion memiliki berbagai makna berbeda dalam dunia keperawatan.

Cendekiawan Buddha Tibet, akademisi studi agama dan filsafat Timur-Barat, Thupten Jinpa mengartikan compassion sebagai tiga hal (Jinpa, 2015).

Baca juga: Penderitaan Rakyat akibat Banjir...

Pertama, compassion adalah hasil kebijaksanaan secara sadar yang terlibat dengan penderitaan orang lain.

Kedua, compassion memiliki respons yang baik terhadap kesusahan yang dialami. Ketiga, compassion berarti mengakui interkoneksi manusia dengan orang lain yang mengarah pada keinginan tulus untuk meringankan penderitaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com