Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Profesi Fisioterapis Olahraga, Jurusan dan Kisaran Gajinya

Kompas.com - 06/12/2022, 18:12 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak jurusan di pendidikan vokasi yang menawarkan prospek kerja menjanjikan bagi lulusannya. Salah satunya menjadi seorang fisioterapis olahraga.

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Meliputi program pendidikan Diploma 1 (D1), Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4).

Lalu apa sebenarnya profesi fisioterapis olahraga?

Menurut dosen Program Studi Fisioterapi Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Lucky Anggiat seperti dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Selasa (6/12/2022) menerangkan serba-serbi tentang profesi fisioterapis olahraga.

Baca juga: Jurusan Kuliah Seni Tari, Prospek Kerja dan Kisaran Gajinya

Profesi fisioterapis olahraga

Fisioterapis olahraga adalah tenaga kesehatan yang melaksanakan pelayanan kesehatan untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak serta fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan manual.

Selain itu juga dengan menggunakan peningkatan gerak, peralatan berupa fisik, elektroterapetis dan mekanis, pelatihan fungsi dan komunikasi.

Profesi fisioterapis olahraga tentunya berbeda dengan fisioterapis umum yang punya tugas mengembalikan kondisi pasien hingga dapat melakukan aktivitas normal. Seperti duduk, berdiri dan berjalan.

Fisioterapis olahraga harus berusaha mengembalikan kemampuan berolahraga pasiennya. Seperti melompat, berlari bahkan hingga mampu kembali berkompetisi.

Baca juga: Pilih Jurusan Kedokteran di SNBP 2023? Cek Mata Pelajaran Pendukungnya

Prospek kerja fisioterapis olahraga

Calon mahasiswa yang tertarik bekerja menjadi fisioterapis olahraga dapat bekerja di klinik yang menyediakan fasilitas fisioterapis bagi atlet.

Selain itu prospek kerja profesi ini semakin besar karena sudah ada regulasi yang mewajibkan klub-klub sepak bola nasional di liga 1 dan liga 2 untuk memiliki tim medis yang terdiri atas fisioterapis.

Kamu penasaran berapa gaji seorang fisioterapis olahraga?

Fisioterapis di klub olahraga biasanya dikontrak per musim. Penghasilannya beragam yaitu berkisaar Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

Jika ingin menjadi seorang fisioterapis, kamu bisa mempelajarinya di Akademi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, dan Perguruan Tinggi dengan Jurusan Fisioterapi.

Baca juga: Mau Jadi CPNS? Cek Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas Vs Non-ikatan Dinas

Demikian penjelasan mengenai profesi fisioterapis olahraga, kisaran gaji hingga sekolah dan jurusan yang bisa dipilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com