Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi CPNS? Cek Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas Vs Non-ikatan Dinas

Kompas.com - 06/12/2022, 12:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), ada banyak sekolah kedinasan milik Kementerian atau Lembaga Negara yang bisa dipilih para siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua lulusan sekolah kedinasan menawarkan ikatan dinas dan lulusannya bisa langsung menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Hal ini disebabkan tidak semua sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas. Ada banyak juga sekolah kedinasan yang berstatus non-ikatan dinas.

Sebelum tahu sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas, ketahui terlebih dahulu penjelasn mengenai status ikatan dinas yang melekat di sebuah ikatan dinas.

Baca juga: Batas Usia Pendaftaran 8 Sekolah Kedinasan Favorit, Cek Infonya

Daftar sekolah kedinasan dengan status ikatan dinas

Sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas maka setelah menyelesaikan studi, lulusannya akan diangkat menjadi pegawai di lembaga yang menaunginya.

Sedangkan sekolah kedinasan dengan status non-ikatan dinas berarti setelah lulus, alumni akan diberi ijazah sama halnya saat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi lainnya.

Meski tidak langsung menjadi pegawai di lembaga yang menaungi, namun lulusan sekolah kedinasan non-ikatan dinas juga punya peluang besar langsung mendapat pekerjaan di perusahaan.

Berikut sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas:

1. Politeknik Keuangan Negara STAN adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan yang bertujuan menghasilkan kader pemerintahan yang berkompetensi, berkarakter, dan berkepribadian.

IPDN merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Dalam Negeri.

3. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah sekolah tinggi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

4. Polstat STIS atau Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan dengan lulusan yang telah dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan pegawai Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga: 2 Sekolah Kedinasan Tidak Gunakan Syarat Tinggi Badan, Ini Dia

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com