Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2022, 14:52 WIB

KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) untuk bidang penguatan sumber daya manusia.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan Rektor UT Prof. Ojat Darojat dan dan Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang pada Selasa, 6 Desember 2022 di UT Convention Center, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

"UT didirikan oleh pemerintah dengan tiga mandat utama; pemerataan akses pendidikan tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk bagi masyarakat di Kalimantan Utara, memberikan kesempatan bagi saudara kita yang sudah bekerja untuk meningkatkan kompetensinya, dan meningkatkan daya tampung lulusan SMA yang semakin banyak," ungkap Rektor UT Prof. Ojat Darojat.

"UT menghadirkan pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa batas," tegas Prof. Ojat.

Lebih jauh Prof. Ojat menyampaikan, UT kian menegaskan posisinya sebagai perguruan tinggi jarak jauh di tengah persaingan yang semakin ketat. "Dengan adanya pandemi Covid-19, UT kian dilirik oleh masyarakat," tambah Prof. Ojat.

"Mudah-mudahan UT semakin berjaya di masa depan, menjadi pilihan dan dicintai masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah meningkatkan kualitas SDM," harap Rektor UT menutup sambutan.

Dengan otonomi luas menjadi PTNBH, Prof. Ojat optimis UT akan mampu meningkatkan kualitas SDM, termasuk di Kaltara, dengan menghadirkan berbagai program studi yang mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

Secara khusus Prof. Ojat Darojat juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Gubernur Kaltara Zainal Arifin yang tepat berulang tahun ke-60 pada hari tersebut.

Konferensi pers setelah penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara UT dan Kaltara pada Selasa, 6 Desember 2022 di UT Convention Center, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Konferensi pers setelah penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara UT dan Kaltara pada Selasa, 6 Desember 2022 di UT Convention Center, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Kaltara Zainal Arifin menyampaikan apresiasi kepada UT atas kerja sama yang telah dilakukan antara UT dengan Pemprov Kaltara.

"Semoga dengan adanya kesepakatan ini kita dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kaltara yang masuk dalam provinsi termuda di Indonesia," harap Zainal Arifn. 

Zainal Arifin menyadari SDM kompeten menjadi kunci dalam pemerataan dan penguatan berbagai pembangunan proyek strategis Nasional di antaranya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan dan Kawasan Industri Hijau Indonesia yang tengah berlangsung di Kaltara.

Zainal Arifin menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan 500 beasiswa bagi putera puteri terbaik Kaltara senilai Rp 15 Miliar. "Ini akan berlanjut terus, Kaltara membutuhkan SDM yang unggul dan hebat karena banyak proyek strategis nasional," tambahnya.

"Dengan keberadaan SDM unggul yang sangat dibutuhkan, kita percaya akan mampu mewujudkan Kalatara yang maju dan sejahtera," pungkas Gubernur Kaltara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+