Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Solusi bagi Mahasiswa yang Salah Pilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 10/10/2022, 15:59 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian mahasiswa pernah merasa salah pilih jurusan kuliah. Saat merasa salah pilih jurusan kuliah ini, biasanya mahasiswa menjadi hilang semangat untuk mengikuti perkuliahan.

Melansir dari hasil penelitian Indonesian Career Center Network pada 2017 menyatakan bahwa sebanyak 87 persen mahasiswa yang menjadi responden mengaku kalau mereka tidak memilih jurusan kuliah sesuai minat mereka.

Dari hasil survei ini, tidak mengherankan bahwa banyak mahasiswa yang mungkin merasa salah jurusan.

Namun jangan khawatir bagi mahasiswa yang sedang merasa salah pilih jurusan kuliah. Kamu jangan merasa drop atau berpikir untuk berhenti kuliah. Melansir dari laman prosple, Senin (10/10/2022) membagikan solusi bagi mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan kuliah bisa melakukan beberapa langkah ini.

Baca juga: Aturan Terbaru Seragam Sekolah Siswa SD-SMA Sesuai Permendikbud 50

Solusi bagi mahasiswa yang merasa salah jurusan kuliah

Solusi ini penting agar mahasiswa tahu cara yang bisa dilakukan dan bisa bertahan di dunia perkuliahan walaupun merasa salah jurusan kuliah.

1. Mahasiswa bisa aktif berorganisasi

Meski merasa salah jurusan kuliah, kamu tetap bisa mengisi masa perkuliahanmu dengan hal-hal positif dengan aktif berorganisasi.

Dengan aktif berorganisasi, akan menambah semangatmu untuk kuliah karena akan banyak teman yang selalu memberikan dukungan dan memberikan tanggung jawab. Sehingga kamu akan selalu merasa dihargai dan dibutuhkan.

2. Mendalami skill sesuai passion

Saat mahasiswa merasa salah jurusan kuliah, cobalah untuk mendalami skill sesuai minat dan passion kamu. Saat ini, sudah banyak berbagai macam kursus, bootcamp, dan workshop yang dilaksanakan secara online maupun offline.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan itu, mahasiswa sudah bisa memiliki waktu yang produktif untuk belajar dengan mempertajam hard skill maupun soft skill sesuai keinginan dan minat yang mungkin akan sulit disalurkan melalui jurusan kuliah pilihanmu.

Baca juga: Ivy League dan 8 Universitas Anggotanya, Masuk Kampus Top Dunia

3. Kuliah sambil bekerja

Satu lagi solusi yang bisa dilakukan mahasiswa yang merasa salah pilih jurusan kuliah. Yakni dengan bekerja atau berwirausaha sembari kuliah. Dengan bekerja, bisa mengusir rasa bosan menjalani masa perkuliahanmu.

Salah satu cara yang bisa ditempuh dengan mengikuti program magang Kampus Merdeka Kemendikbud Ristek. Karena melalui program ini mahasiswa bisa bekerja magang di posisi yang tidak sesuai dengan jurusanmu di kampus dan mendapatkan konversi SKS juga.

4. Pikirkan kesusahan orangtua

Di saat merasa terpuruk dengan rutinitas perkuliahan yang dijalani karena salah pilih jurusan kuliah, mahasiswa bisa memikirkan perasaan orangtuanya. Tentunya orangtua akan merasa sedih dan susah apabila kamu memutuskan berhenti kuliah hanya karena merasa salah pilih jurusan kuliah.

5. Nikmati prosesnya

Jika sudah terlanjur salah jurusan kuliah, sebaiknya jangan menyesalinya. Pikirkan bagaimana bisa menikmati prosesnya. Jadikan kesalahan memilih jurusan kuliah ini menjadi pembelajaran hidupmu.

Mahasiswa bisa menjalani hobi, lakukan apapun yang merupakan kegemaran yang bersifat mengembangkan bakat.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com