Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Metode Pembelajaran Discovery Learning dan Manfaatnya bagi Siswa

Kompas.com - 07/10/2022, 09:26 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Belajar di kelas kini harus menyenangkan. Siswa dan guru harus aktif satu sama lain agar pembelajaran lebih bermakna.

Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan guru ialah metode pembelajaran discovery learning.

Ini adalah metode pembelajaran dimana setiap siswa dituntut untuk berperan aktif dalam sebuah pembelajaran, hingga kemudian diperoleh sebuah kesimpulan.

Baca juga: Siswa, Ini Tips Jaga Kesehatan di Musim Hujan

Melansir laman Yayasan Al Ma'soem Bandung, pada metode ini peran aktif siswa sebagai promotor sangat tinggi, jadi guru tidak akan terlalu aktif dalam memberikan materi kepada peserta didik, tapi tugas guru lebih ke memberikan sejumlah pertanyaan kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang dibahas.

Selanjutnya tugas siswa yang harus menemukan, menyelidiki dan menyimpulkan masalah atau hasil temuan sebagai jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru.

Dalam model pembelajaran discovery learning guru bertugas untuk membimbing dan mengarahkan para siswa untuk dapat belajar dan berpikir secara kreatif.

Metode ini diterapkan dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar para siswa dapat dengan baik memahami materi yang dipelajari dengan cara menerjemahkan ke dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh mereka.

Manfaat metode pembelajaran Discovery Learning

1. Pemahaman peserta didik pada sebuah materi bisa bertahan lebih lama

Pemahaman peserta didik atau siswa tentang suatu konsep dalam pembelajaran bisa bertahan lebih lama karena mereka memahami konsep tersebut secara mandiri, melalui keaktifannya dalam menggali informasi.

Selain itu juga dengan menggunakan bahasa mereka sendiri, dapat lebih mempermudah siswa dalam memahami sebuah materi yang dibahas.

Baca juga: Mahasiswa UNY Ajarkan Siswa SD Kesiapsiagaan Bencana

2. Menjadikan pengalaman belajar lebih bersifat profesional

Tentu, pengalaman belajar mengajar tradisional akan terkesan biasa, berbeda dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning, membuat pengalaman belajar mengajar menjadi lebih bersifat profesional.

Selain itu juga metode pembelajaran ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa yang akan berubah menjadi pemahaman yang lebih dapat dimengerti dan dipahami siswa lebih dalam lagi.

3. Meningkatkan motivasi siswa atau peserta didik

Adapun metode pembelajaran Discovery Learning juga dapat meningkatkan motivasi peserta didik.

Ini karena dengan metode ini guru memberikan siswa atau peserta didik kesempatan untuk melakukan eksperimen dan menemukan sesuatu untuk dirinya sendiri.

4. Membuat siswa lebih bertanggung jawab

Metode pembelajaran Discovery Learning ini juga dapat menjadikan siswa menjadi lebih bertanggung jawab terhadap kesalahan-kesalahan yang mereka buat.

Baca juga: Siswa SMK Inovasi Sepeda Motor Berbahan Bakar Elpiji

Dengan metode pembelajaran ini juga dapat meluaskan keterampilan kreatif siswa dan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com