Kompas.com - 02/10/2022, 11:09 WIB
|

KOMPAS.com - Status Gunung Merapi di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hingga kini masih level III (Siaga) sejak 2018 yang lalu.

Hal itu guna mengantisipasi adanya bencana erupsi Gunung Merapi besar pada 2006 dan 2010 silam. Tentu erupsi besar itu menjadi pengalaman tak terlupakan bagi warga lereng Gunung Merapi.

Terkait hal itu, salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah melakukan pendidikan mitigasi bencana bagi warga sekitar Gunung Merapi yang ada kemungkinan mengalami dampak erupsi lagi di waktu mendatang.

Baca juga: Salah Satu Profesor UNY Ini Bangun Masjid dari Buku

Mitigasi bencana adalah segala upaya untuk mengurangi risiko bencana, program mitigasi bencana dapat dilakukan melalui pembangunan secara fisik maupun peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Salah satu upaya yang dilakukan UKM Madawirna dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana gunung berapi bagi masyarakat sekitar adalah dengan mengadakan Sosialisasi Mitigasi Bencana kepada siswa Sekolah Dasar.

Hal ini dilakukan karena sekolah-sekolah di lereng merapi 2 tahun terakhir ini belum sempat dilaksanakan sosialisasi kembali kepada siswa dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Adapun Sosisalisasi Mitigasi Bencana dilaksanakan di SD Negeri Glagaharjo, Tegal Gading, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta dan SD Negeri Balerante, Banjarsari, Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca juga: Batasi Gawai pada Anak, Mahasiswa KKN UNY Kenalkan Permainan Tradisional

Menurut Ketua UKM Madawirna Hasib Aldhian, rangkaian sosialisasi tersebut dilaksanakan dengan tahap penyampaian materi umum mengenai:

1. bencana alam

2. simulasi peragaan gunung meletus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.