Kompas.com - 02/10/2022, 09:34 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, jenis makanan yang beredar di tengah masyarakat sangat beragam. Bahkan banyak produk modern dan instan yang banyak digemari.

Hanya saja, produk modern banyak kandungan gula. Maka dari itu, konsumsi kandungan gula juga harus tetap dibatasi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagaimana caranya? Dosen Ilmu Gizi asal Universitas Airlangga (Unair), Lailatul Muniroh, SKM., MKes., memberikan tipsnya.

Menurut dia, masyarakat masa kini harus menjadi konsumen yang cerdas. Maka dari itu, ia membagikan beberapa tips kepada konsumen dalam mengonsumsi gula.

Baca juga: 6 Makanan bagi Penderita Asam Lambung, Info Ners Unair

Dengan membaca label pangan

Adapun salah satu cara yang dilakukan ialah dengan memahami label pangan yang tertera pada produk makanan atau minuman kemasan.

Pemahaman terhadap label pangan dapat membantu konsumen dalam membatasi asupan, utamanya pada kandungan gula, garam dan lemak.

"Label kemasan merupakan alat komunikasi produsen kepada konsumen. Di situ kita dapat menemukan label Informasi Nilai Gizi (ING) atau nutrition facts, jumlah takaran saji yang disarankan, tanggal kadaluarsa, label halal, serta peringatan kandungan bahan alergen," ujarnya dikutip dari laman Unair, Jumat (30/9/2022).

Pahami kebutuhan gula harian

Selain itu, konsumsi atau asupan gizi harian seseorang juga harus diperhatikan. Termasuk gula. Konsumsi gula sebaiknya dibatasi 10 persen dari jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

"Rata-rata, seseorang membutuhkan asupan baik dari minuman atau makanan sebanyak 50 gram gula, atau setara dengan 4-5 sendok makan," jelasnya.

Baca juga: 2 Kebiasaan Ini Sama Bahayanya dengan Merokok, Cek Info Ners Unair

Lailatul juga menjelaskan mengenai risiko penyakitnya. Menurutnya, asupan gula yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, dapat menyebabkan ketidakseimbangan tubuh yang dapat mengakibatkan risiko penyakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber UNAIR News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.