Kompas.com - 01/10/2022, 16:56 WIB
|

KOMPAS.com - Persiapan sebelum mendapat vaksin Covid-19 bagi anak usia sekolah perlu dilakukan. Hal ini untuk mencegah terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang bisa saja terjadi setelah anak menerima vaksin Covid-19.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia terus menggencarkan pemberian vaksin Covid-19 baik dosis 1, dosis 2 dan booster. Termasuk vaksin Covid-19 untuk anak usia sekolah atau anak berusia 6-11 tahun.

Vaksin Covid-19 untuk anak usia sekolah ini penting dilakukan untuk melindungi diri karena pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen telah dilakukan.

Bagi orangtua yang punya anak usia 6 tahun dan akan mendapatkan vaksin Covid-19, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan.

Baca juga: Pengumuman Beasiswa LPDP Kemenag 2022 dan Jadwal Tahapan Selanjutnya

Persiapan sebelum anak mendapat vaksin Covid-19

Melansir dari laman sekolah Global Prestasi School, Sabtu (1/10/2022), berikut persiapan yang bisa dilakukan sebelum anak mendapat vaksin Covid-19.

1. Cukup tidur

Persiapan pertama sebelum mendapat vaksin Covid-19 untuk anak usia sekolah adalah tidur yang cukup. Tidur yang cukup dengan durasi 7 hingga 8 jam sehari, sehingga tubuh lebih fit dan siap menerima vaksin Covid-19. Dengan kondisi tubuh yang fit, maka siswa juga akan terhindar dari berbagai efek samping setelah vaksin Covid-19.

2. Makan-makanan bergizi

Sebelum menerima vaksin Covid-19, ada baiknya siswa juga melakukan persiapan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Nadiem Makarim Ingatkan Pesan Bung Karno

Makanan bergizi tentunya penting karena memiliki kandungan nutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan ini agar tubuh dalam kondisi prima sebelum mendapat vaksin Covid-19:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.