Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Persiapan Vaksin Covid-19 bagi Anak Usia Sekolah

Kompas.com - 01/10/2022, 16:56 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persiapan sebelum mendapat vaksin Covid-19 bagi anak usia sekolah perlu dilakukan. Hal ini untuk mencegah terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang bisa saja terjadi setelah anak menerima vaksin Covid-19.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia terus menggencarkan pemberian vaksin Covid-19 baik dosis 1, dosis 2 dan booster. Termasuk vaksin Covid-19 untuk anak usia sekolah atau anak berusia 6-11 tahun.

Vaksin Covid-19 untuk anak usia sekolah ini penting dilakukan untuk melindungi diri karena pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen telah dilakukan.

Bagi orangtua yang punya anak usia 6 tahun dan akan mendapatkan vaksin Covid-19, ada beberapa persiapan yang bisa dilakukan.

Baca juga: Pengumuman Beasiswa LPDP Kemenag 2022 dan Jadwal Tahapan Selanjutnya

Persiapan sebelum anak mendapat vaksin Covid-19

Melansir dari laman sekolah Global Prestasi School, Sabtu (1/10/2022), berikut persiapan yang bisa dilakukan sebelum anak mendapat vaksin Covid-19.

1. Cukup tidur

Persiapan pertama sebelum mendapat vaksin Covid-19 untuk anak usia sekolah adalah tidur yang cukup. Tidur yang cukup dengan durasi 7 hingga 8 jam sehari, sehingga tubuh lebih fit dan siap menerima vaksin Covid-19. Dengan kondisi tubuh yang fit, maka siswa juga akan terhindar dari berbagai efek samping setelah vaksin Covid-19.

2. Makan-makanan bergizi

Sebelum menerima vaksin Covid-19, ada baiknya siswa juga melakukan persiapan dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Nadiem Makarim Ingatkan Pesan Bung Karno

Makanan bergizi tentunya penting karena memiliki kandungan nutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan ini agar tubuh dalam kondisi prima sebelum mendapat vaksin Covid-19:

  • Mengonsumsi sayur dan buah, khususnya buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.
  • Kacang-kacangan, ikan salmon, sarden, makarel dan tuna karena mengandung Omega-3.
  • Cukup minum air putih agar terhindar dari risiko dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi biasanya akan menunjukkan peningkatan suhu dan akan menjadi salah satu penundaan vaksinasi.

3. Konsultasi dengan dokter

Persiapan lain sebelum menerima vaksin Covid-19 pada anak usia sekolah yakni berkonsultasi dengan dokter.

Hal ini perlu dilakukan apalagi jika kamu termasuk siswa yang memiliki riwayat penyakit berat, maka bisa melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Setelah siswa mendapatkan vaksin siswa di sekolah biasanya akan mengalami rasa nyeri di bagian lengan yang disuntik. Ini merupakan hal wajar karena nyeri adalah respon dari imun pada virus tidak aktif yang dimasukkan ke dalam tubuh itu.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Pakar Sejarah: Tragedi Berdarah Tak Boleh Terulang

Tips atasi nyeri setelah menerima vaksin Covid-19

Saat virus yang tidak aktif itu disuntikkan ke dalam tubuh, maka sel tubuh akan membentuk sel-sel kekebalan tubuh sebagai tanda perlindungan terhadap virus Covid-19. Biasanya ini akan menyebabkan pembengkakan ringan dan rasa nyeri di bagian bekas suntikan.

Jangan khawatir dengan rasa nyeri setelah mendapat vaksin Covid-19, kamu bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengurangsi rasa nyeri tersebut.

  • Mengompres dengan air hangat di area suntikan.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman serta tidak menekan bagian lengan.
  • Lakukan aktivitas dengan lengan yang disuntik, namun jangan terlalu berat. Ini dilakukan supaya peredaran darah tetap lancar dan mengurangi rasa nyeri tersebut.

Demikian persiapan yang bisa dilakukan sebelum siswa menerima vaksin Covid-19. Pemberian vaksin Covid-19 ini penting dilakukan terlebih bagi siswa, guru, tenaga kependidikan serta warga sekolah lainnya. Dengan menerima vaksin Covid-19, siswa dan warga sekolah lainnya akan mendapat perlindungan selama mengikuti PTM 100 persen di sekolah.

Baca juga: Pakar Hukum UM Surabaya Sebut Hak-hak Korban KDRT

Namun meski sudah mendapatkan vaksin Covid-19, siswa tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas di sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com