Kompas.com - 01/10/2022, 15:14 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap tahun, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober. Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden No. 153 Tahun 1967.

Pada tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila digelar dengan mengusung tema “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian ideologi Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup rakyat Indonesia.

Tapi, apakah para siswa sudah paham makna dibalik lambang Garuda Pancasila? Jika belum, yuk kita pelajari bersama.

Baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Presiden Jokowi Jadi Inspektur Upacara

Informasi dirangkum dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Sabtu (1/10/2022).

Makna lambang Garuda Pancasila

Burung Garuda

Dalam PP Nomor 66 Tahun 1951 disebutkan bahwa Garuda yang digantungi perisai dengan memakai paruh, sayap, ekor dan cakar mewujudkan lambang tenaga pembangun seperti dikenal pada peradaban Indonesia.

Garuda terkenal baik dalam arkeologi, kesusasteraan, dan mitologi Indonesia. Sayap garuda berbulu 17 (tanggal 17), ekornya berbulu 8 (bulan 8 = Agustus), dan di bawah kalung perisai yang menghubungkan dengan ekor terdapat bulu berjumlah 19 dan bulu pada leher berjumlah 45 (menunjukkan angka tahun 1945).

Warna emas dipakai untuk seluruh burung Garuda, dan warna merah-putih didapat pada ruangan perisai. Warna emas melambangkan kebesaran bangsa atau keluhuran negara. Warna-warna pembantu dilukiskan dengan hitam atau meniru seperti yang sebenarnya dalam alam.

Baca juga: Tidak Hafal Pancasila? Ini Bunyi dan Makna 5 Lambangnya

Perisai

Sedangkan pada perisai, terdapat perisai berupa jantung yang digantung dengan rantai pada leher Garuda. Di tengah-tengah perisai yang berbentuk jantung itu, terdapat sebuah garis hitam tebal yang melukiskan khatulistiwa (ekuator).

Lima buah ruang pada perisai itu masing-masing memuat lambang pada masing-masing dasar dalam Pancasila.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.