Kompas.com - 01/10/2022, 13:30 WIB
|

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikenal sebagai kota pariwisata. Banyak wisatawan datang untuk berlibur di Yogyakarta.

Meski demikian, jalanan atau infrastruktur menuju lokasi tempat wisata tidak semuanya mulus. Ada yang harus melewati turunan tajam.

Bahkan belum lama ini terjadi kecelakaan bus di Mangunan Kabupaten Bantul karena rem blong yang mengakibatkan tewasnya beberapa orang.

Baca juga: Soprema Fisipol UGM 2022: Ini Tips Jadi Wirausahawan Sosial Muda

Tak hanya kecelakaan di jalan raya. Tetapi kecelakaan juga dapat terjadi di lokasi objek wisata. Seperti yang menimpa Guru Besar FKKMK UGM, Prof. Samekto Wibowo meninggal akibat terseret ombak di pantai Gunungkidul.

Menurut Guru Besar Transportasi Fakultas Teknik UGM Prof. Dr.-Ing. Ahmad Munawar, kecelakan itu tentu menjadi duka yang sangat mendalam bagi keluarga korban.

"Penyebab kecelakaan memang dapat bermacam-macam. Meski begitu, sesungguhnya ada upaya yang harus dilakukan pemerintah daerah untuk ikut mencegah terjadinya kecelakaan dengan Audit Keselamatan," ujarnya dikutip dari laman UGM, Jumat (30/9/2022).

Dikatakan, audit keselamatan jalan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan (black spot).

Selain itu, dapat pula dengan melakukan analisis dan usaha-usaha untuk mengurangi kecelakaan yang mungkin terjadi.

Cara yang bisa dilakukan lainnya ialah melakukan perubahan geometri jalan. Tetapi memang hal tersebut sulit untuk dilakukan.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan memasang rambu-rambu peringatan dan penempatan pos-pos polisi di daerah rawan kecelakaan.

Baca juga: Prilly Latuconsina Jadi Dosen di UGM, Bulan Depan Ngajar Lagi

Halaman:
Sumber UGM


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.