Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku untuk Rencanakan Pensiun yang Sejahtera

Kompas.com - 01/10/2022, 10:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Sumber Gramedia

KOMPAS.com - Kondisi sejahtera tidak terbatas pada kecukupan materi, namun juga soal kesehatan hingga ketenangan hidup.

Bisa merasakan masa pensiun yang sejahtera menjadi salah satu idaman kaum milenial, dengan salah satu upaya menabung untuk hari tua dari sekarang, agar bisa merasakan hari tua yang nyaman.

Meski begitu, persiapan masa pensiun yang sejahtera juga memerlukan strategi lain, seperti menghadapi stres kerja, menjaga kesehatan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 8 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Berikut beberapa buku rekomendasi untuk kamu yang ingin mempersiapkan masa pensiun, termasuk untuk kamu yang ingin menambah kualitas kesejahteraan hidupmu di masa pensiun, baik persiapan secara finansial, kesehatan, dan pengembangan diri, dirangkum dari laman Gramedia.com:

Buku Pension Ready, Pension HappyDok. Gramedia.com Buku Pension Ready, Pension Happy

1. Pension Ready, Pension Happy

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada tahun 2015, menyatakan pensiun adalah sebuah transisi dalam tahapan kehidupan yang akan membentuk gaya hidup, kesehatan, interaksi sosial, dan stres psikososial, yang berpengaruh terhadap identitas dan preferensi seseorang.

Adanya perubahan ini menjadikan masa pensiun sebagai situasi ke-10 dalam 43 situasi paling stres dalam kehidupan manusia.

Perencanaan keuangan untuk masa pensiun memiliki sedikit perbedaan dengan tujuan keuangan lainnya.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

Maka dari itu, persiapan menuju pensiun yang bahagia harus dilakukan terus-menerus hingga benar-benar memasuki masa pensiun. Buku ini cocok banget buat kamu kaum muda yang ingin bersiap menjaga stres di masa tua.

Buku ini akan membantu kamu mempersiapkan diri agar dapat memiliki masa pensiun yang bahagia, sejahtera, dan tetap kaya.

Merancang Pensiun BahagiaDok. Gramedia.com Merancang Pensiun Bahagia

2. Merancang Pensiun Bahagia

Pensiun tidak saja berlaku bagi pegawai negeri sipil atau karyawan perusahaan swasta, tetapi juga pekerja informal, termasuk atlet profesional. Sehingga, semuanya tetap memerlukan strategi.

Menurut hasil statistik dari sejumlah penelitian, sebagian besar orang yang sudah pensiun menjalani hidup dengan susah payah untuk memenuhi kebutuhan finansial, menjaga kesehatan, mempertahankan kehidupan sosial, dan lain-lain.

Beberapa di antara mereka mencoba berwirausaha, seperti membuat usaha rumahan, beternak, berkebun, dan lain-lain.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Tetapi bagi mereka yang sebelumnya adalah karyawan biasa tanpa pengetahuan, keterampilan, serta pengalaman berwirausaha, kemungkinan besar akan gagal ketika mereka harus mencari nafkah dengan berwirausaha setelah pensiun.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama masa pensiun kelak, kamu harus betul-betul menyadari perlunya merancang masa pensiun dari sekarang.

Buku ini menawarkan sudut pandang yang berbeda dalam merancang masa pensiun bahagia dengan cara kamu sendiri, bila perlu tanpa harus bekerja lagi.

Buku Resep Menjalani Masa Tua yang Sehat, Kuat, dan BahagiaDok. Gramedia.com Buku Resep Menjalani Masa Tua yang Sehat, Kuat, dan Bahagia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com