Kompas.com - 01/10/2022, 09:52 WIB

KOMPAS.com - Universitas Darma Persada (Unsada) bekerja sama dengan PT Sumitomo Indonesia menggelar webinar "Career Resilience" pada Kamis, 29 September 2022 dengan tujuan memberikan informasi pentingnya persiapan masuk dunia kerja bagi mahasiswa.

Selain dihadiri 250 lebih mahasiswa, webinar juga diikuti kepala sekolah dan guru dari sejumlah sekolah di Jakarta, di antaranya SMA 12 Jakarta, SMA 84 Jakarta, SMA 72 Jakarta, SMK Corpatarin 1 Jakarta, SMA 59 Jakarta, dan SMKN 48 Jakarta.

Dalam sambutan, Rektor Unsada Tri Mardjoko menyampaikan pihaknya menjalin kerja sama dengan Sumitomo untuk memberikan bekal berharga bagi mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja maupun bagi lulusan yang ingin mendirikan bisnis sendiri.

"Sehingga dengan bekal ini bisa mendukung kesuksesan dari para alumni Unsada di dunia kerja dan bisnis nantinya," harap Tri Mardjoko.

Rektor Unsada juga berharap, informasi yang disampaikan narasumber ahli di bidangnya ini akan mendapatkan lebih banyak alumni yang menduduki jabatan penting di dunia swasta, pemerintahan, hingga menjadi tokoh bisnis.

Tips masuk dunia kerja

Sesi webinar dimulai oleh Vice President Director PT Sumitomo Indonesia Surya Rahman yang menyampaikan mengenai apa yang dibutuhkan untuk sukses di perusahaan Jepang jika memilh berkarier di perusahaan jepang.

Yang pertama, katanya, calon pekerja harus mempunyai integritas dan selalu ingin patuh kepada peraturan, etika, juga sesuai dengan nilai ataupun moral yang kita anut.

"Kedua adalah adaptable to change. Setiap hari dunia berubah dan apa yang dulu dibayangkan sangat canggih, hari ini biasa saja. Maka kita harus bisa beradaptasi untuk itu," katanya.

Kemudian inovatif, Surya menjelaskan, selalu berpikir ke depan dan bisa menghasilkan sesuatu yang baru itu namanya pekerja yang inovatif. Lalu dia juga menjelaskan pentingnya enthusiastic atau semangat pekerja untuk bergaul dan semangat untuk mengembangkan potensi ke depan.

Baca juga: 5 Prospek Kerja Bidang Pertanian, Potensi Cuan Tinggi

Untuk sukses di perusahaan Jepang, katanya, nantinya harus terbiasa dengan teamwork atau kerja sama tim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.