Kompas.com - 30/09/2022, 17:03 WIB
|

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) kembali menggelar Sociopreneur Muda (Soprema).

Kali ini, bincang Soprema #2 mengangkat tema bagaimana kiat-kiat bagi Sociopreneur Muda dalam mengembangkan usahanya jika ditinjau dari sisi produk agar sesuai dengan kebutuhan target konsumen.

Guna mengupas tuntas tema yang dibawakan, Bincang Soprema #2 kali ini menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya, yakni Azella Alma Shafira, selaku CEO Banoo, Sabtu (17/9/2022).

Baca juga: Prilly Latuconsina Jadi Dosen di UGM, Bulan Depan Ngajar Lagi

Banoo adalah startup yang bergerak di bidang Internet of Things (IoT) Perikanan yang didirikan oleh Azella Alma Shafira sejak tahun 2019.

Menurut Azella, sebagai seorang wirausahawan sosial muda, langkah penting yang perlu dilakukan sebelum menentukan produk adalah menentukan target pasarnya terlebih dahulu.

"Segmentasi pelanggan ini penting untuk diidentifikasi terlebih dahulu sebelum nantinya dilakukan testing market untuk melihat apakah produk akan sesuai atau tidak dengan kebutuhan pelanggan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

Segmentasi pelanggan ini perlu dibuat seakurat mungkin untuk menentukan ke arah mana produk akan dibawa.

Azella juga menambahkan bahwa sebagai seorang sociopreneur perlu dipastikan bahwa produk yang dikembangkan betul-betul dibutuhkan masyarakat.

Ia menuturkan tips dan trik untuk melakukan riset pasar, mulai dari:

1. melakukan wawancara dengan orang secara acak agar tidak terjadi bias

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.