Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2022, 17:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) kembali menggelar Sociopreneur Muda (Soprema).

Kali ini, bincang Soprema #2 mengangkat tema bagaimana kiat-kiat bagi Sociopreneur Muda dalam mengembangkan usahanya jika ditinjau dari sisi produk agar sesuai dengan kebutuhan target konsumen.

Guna mengupas tuntas tema yang dibawakan, Bincang Soprema #2 kali ini menghadirkan pembicara yang ahli dalam bidangnya, yakni Azella Alma Shafira, selaku CEO Banoo, Sabtu (17/9/2022).

Baca juga: Prilly Latuconsina Jadi Dosen di UGM, Bulan Depan Ngajar Lagi

Banoo adalah startup yang bergerak di bidang Internet of Things (IoT) Perikanan yang didirikan oleh Azella Alma Shafira sejak tahun 2019.

Menurut Azella, sebagai seorang wirausahawan sosial muda, langkah penting yang perlu dilakukan sebelum menentukan produk adalah menentukan target pasarnya terlebih dahulu.

"Segmentasi pelanggan ini penting untuk diidentifikasi terlebih dahulu sebelum nantinya dilakukan testing market untuk melihat apakah produk akan sesuai atau tidak dengan kebutuhan pelanggan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

Segmentasi pelanggan ini perlu dibuat seakurat mungkin untuk menentukan ke arah mana produk akan dibawa.

Azella juga menambahkan bahwa sebagai seorang sociopreneur perlu dipastikan bahwa produk yang dikembangkan betul-betul dibutuhkan masyarakat.

Ia menuturkan tips dan trik untuk melakukan riset pasar, mulai dari:

1. melakukan wawancara dengan orang secara acak agar tidak terjadi bias

2. pertanyaan yang ditanyakan pun harus dibuat dengan tipe terbuka atau tidak terlalu menjurus

3. harus memahami bahwa karakter pelanggan dari berbagai latar belakang geografis juga berbeda

Sehingga kemungkinan jawaban yang diberikan pun akan beragam.

Sementara Bincang Soprema #3 juga akan kembali hadir pada bulan Oktober mendatang. Tak hanya itu saja, rangkaian acara Soprema Fisipol UGM 2022 masih berlangsung hingga Oktober.

Baca juga: Mahasiswa SV UGM Inovasi Dluwang Endah

Terdapat kompetisi dan inkubasi yang dapat diikuti oleh masyarakat umum secara gratis serta berhadiah ratusan juta rupiah.

Akan ada pula expo dan seminar nasional untuk turut meramaikan Soprema Fisipol UGM 2022. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui akun Instagram @soprema_ugm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com