Kompas.com - 30/09/2022, 13:56 WIB

KOMPAS.com - Putri kedua dari Mahfud MD, Vina Amalia dilantik menjadi dokter spesialis di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), pekan lalu.

Menjadi putri dari seorang yang terjun di dunia politik, Vina mengaku tidak pernah dipaksa ayahnya untuk menekuni dunia yang sama. Ia dibebaskan memilih kariernya sendiri.

Vina dan kakaknya menggeluti bidang yang memang menjadi passion masing-masing. Seperti kakak pertama yang menjadi dokter dan adiknya yang menekuni hukum. Vina sendiri menjadi dokter karena terinspirasi oleh sang kakak sulung.

Baca juga: 10 Negara dengan Skor IQ Tertinggi 2022, Berapa Skor IQ Indonesia?

“Alasan lain juga karena keluarga pernah bilang, dokter ini profesi yang membolehkan kita keluar malam-malam tanpa di-judge. Kalau ditanya kok pulang malam kenapa, kita jawab melayani pasien. Orang sudah tidak memandang buruk lagi,” paparnya dilansir dari laman Unair.

Vina mengatakan, ada satu pesan ayahnya yang selalu dipegang, yakni bertanggung jawab dengan pilihannya.

"Pesan Abah adalah jujur dan tanggung jawab agar tidak tersandung masalah hukum,” ujarnya.

Mengabdi di Probolinggo

Keputusannya menekuni spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi medik juga tidak lepas dari sang suami, Angga Fiandana, yang berprofesi sebagai seorang dokter spesialis orthopaedi.

Harapan Vina, saat lulus ia bisa berkolaborasi dengan sang suami.

Baca juga: Uang Saku Rp 325 Juta, Ini Cara Daftar Beasiswa Gates Cambridge S2-S3

“Dulu awalnya saya pikir spesialis rehabilitasi medik kaitannya dengan orthopaedi. Ternyata pada saat saya masuk, spesialisasi ini berkaitan dengan banyak bidang. Mulai dari neurologi hingga anak,” ujarnya.

Vina menyebut, tidak semua universitas memiliki pusat rehabilitasi medik. Karenanya ia mengambil spesialis di FK UNAIR. Melanjutkan studi S1 yang juga dia tempuh di FK UNAIR.

Setelah lulus, ia akan ikut mengabdi bersama suaminya di RSUD Probolinggo. Itu juga menjadi kesempatan baginya untuk kembali berkumpul dengan suami dan kedua anaknya yang selama menempuh pendidikan dokter spesialis harus terpisah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.