Kompas.com - 30/09/2022, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) sekaligus salah satu jajaran direktur International Lunar Observatory Association (ILOA), Chatief Kunjaya menyebut, sains dan teknologi adalah kunci mengubah Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju.

"Indonesia secara umum masih tertinggal dari negara-negara lain dalam hal sains antariksa, oleh karena itu kita butuh talenta-talenta muda untuk belajar sains dan teknologi,” ujar Kunjaya dalam forum astronomi “Moon Exploration for the Future of Humankind”, yang digelar ITB dan ILOA, beberapa waktu lalu.

Padahal, eksplorasi manusia terhadap ruang angkasa berdasarkan ilmu astronomi telah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. ILOA menjadi salah satu organisasi yang tertarik pada eksplorasi ini.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Sebagai salah satu upaya memperkenalkan astronomi serta menyosialisasikan misinya, ILOA menggelar forum astronomi di beberapa negara termasuk Indonesia.

Menurut Kunjaya, faktor utama yang mendorong peran Indonesia dalam eksplorasi bulan adalah motif edukasi.

Berdasarkan pengalamannya sebagai guru, Kunjaya mengatakan siswa cenderung menghindari topik yang berhubungan dengan sains dan teknologi karena dianggap sulit dan membosankan.

Pola pikir ini yang coba diubah melalui misi ILOA dengan berbagai pendekatan kegiatan bagi siswa maupun mahasiswa.

Sebagai salah satu upaya mewujudkan cita-cita tersebut, ILOA menghadirkan kompetisi mengolah citra gambar bintang dan galaksi hasil tangkapan teleskop ILO-X untuk siswa SMP dan SMA.

Kompetisi ini diharapkan mampu menggugah antusiasme dan keingintahuan generasi muda terhadap sains dan teknologi di bidang astronomi.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Sedangkan untuk lingkup universitas, pemberian edukasi dapat dilakukan melalui kegiatan riset dan penelitian berdasarkan hasil eksplorasi misi ILOA-1.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.