Kompas.com - 16/09/2022, 16:49 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi para penderita hipertensi, maka butuh tips menurunkan tekanan darah tinggi. Bagaimana caranya, apa yang perlu dilakukan?

Salah satu caranya ialah dengan rutin berolahraga atau mengonsumsi makanan sehat. Meski terdengar sepele, cara-cara ini sangat efektif untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Tentu hal ini sangat penting bagi yang memiliki tekanan darah tinggi. Jika tak bisa mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat, maka banyak penyakit yang mengintai.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Info Ners Unair

Dilansir dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ini 7 tips menurunkan tekanan darah tinggi:

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

1. Olahraga teratur

Ada banyak manfaat dengan berolahraga. Selain memperkuat otot jantung, tekanan pada pembuluh darah berkurang dan aliran darah jadi lebih lancar.

Maka, Anda disarankan untuk berolahraga selama 30 menit, sebanyak 3–4 kali per minggu. Jika tak ada waktu, maka Anda bisa menyempatkan diri untuk berjalan kaki, menaiki tangga dan aktivitas lainnya.

2. Istirahat cukup

Adapun tips menurunkan tekanan darah tinggi berikutnya ialah dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Karena jika tak cukup beristirahat bisa memengaruhi tekanan darah.

Oleh karena itu, orang yang mengalami gangguan tidur biasanya lebih berisiko mengalami hipertensi dalam jangka panjang.

Ada banyak cara mudah untuk mencukupi kebutuhan istirahat dengan tidur selama sekitar 7–9 jam sehari, seperti berolahraga di siang hari, menghindari tidur siang, dan membuat suasana kamar tidur yang nyaman.

Baca juga: 6 Cara Atasi Kram Perut Saat Haid dari Ners Unair

3. Makanan sehat dan bergizi

Jika Anda makan makanan sehat dan bergizi, maka ini menjadi hal yang positif. Pola makan sehat yang disarankan untuk penderita hipertensi adalah diet DASH.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.