Kompas.com - 01/10/2022, 19:50 WIB

KOMPAS.com - Memasuki tahun ajaran baru 2022-2023 Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) menyelenggarakan kuliah umum pada Sabtu, 1 Oktober 2022, untuk memberikan semangat dan motivasi dalam melakukan perkuliahan.

Acara diselenggarakan terpusat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), serta secara online dengan Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) Klender, Fakultas Agama Islam (FAI) Jakarta Selaran, dan Fakultas Kedokteran (FK) Uhamka yang dihadiri ribuan mahasiswa baru. 

Rektor Uhamka Prof. Gunawan Suryoputro mengungkapkan harapannya yang begitu besar kepada mahasiswa baru Uhamka agar dapat menjadi sukses.

“Untuk menjadi mahasiswa yang sukses, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah mahasiswa perlu untuk fokus pada tujuannya agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu," ungkap Prof. Gunawan.

"Selanjutnya mahasiswa harus turut serta mengembangkan soft skill yang dimiliki dengan mengasah keterampilan komunikasi dan kreativitasnya," lanjut Rektor Uhamka.

"Yang terakhir adalah kerjasama dari Uhamka untuk terus meningkatkan pelayanan yang prima untuk melayani mahasiswa dengan baik,” tambahnya.

Baca juga: Kuliah Umum Ke-8 UBM: Bisnis Tidak Hanya tentang Menghasilkan Keuntungan

Dalam kesempatan sama, Prof. Dadang Kahmad Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Uhamka dalam sambutan mengatakan, perguruan tinggi berbeda dengan SLTA dalam segi pembelajaran. Di SLTA 75 persen guru yang memberikan masukan informasi.

"Sedangkan di perguruan tinggi 25 persen dosen dan 75 persen mahasiswa," ujar Prof. Dadang.

“Oleh karena itu kegiatan-kegiatan mandiri sangat dihargai di perguruan tinggi. Jika Anda mampu mencari sendiri sumber informasi di sosial media maupun perpustakaan, maka Anda akan menjadi mahasiswa yang unggul di kemudian hari," kata Prof. Dadang.

"Dan ingat, di kemudian hari itu akan menjadi tantangan yang lebih rumit dan lebih hebat. Oleh karena itu, kesiapan Anda harus disiapkan untuk menyongsong masa depan,” ujar Prof Dadang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.