Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum PKKMB UNJ, Sri Mulyani: SDM Indonesia Harus Memiliki Skill Berkualitas

Kompas.com - 25/08/2022, 14:43 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan kuliah umum bagi mahasiswa baru tahun 2022 dalam rangka bagian dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNJ.

Kuliah umum mengangkat tema "Menyiapkan Generasi Unggul di Era Society 5.0" ini disampaikan Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati.

Kegiatan kuliah umum yang digelar secara hibdrid ini diikuti 5.117 mahasiswa baru UNJ tahun 2022, baik dari jenjang Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktoral di Gedung Moh. Hatta Pascasarjana UNJ, Jakarta.

Dalam paparannya, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, di Era Society 5.0 setiap masyarakat di berbagai negara dituntut untuk dapat berkompetisi di era global saat ini.

Untuk dapat bersaing secara berkualitas maka SDM Indonesia harus memiliki hard skill, dan soft skill yang berkualitas.

"Oleh karena itulah pemerintah menyiapkan dana abadi melalui pendanaan LPDP di bidang pendidikan untuk meningkatkan dan menyiapkan kualitas generasi SDM Indonesia," ungkap Sri Mulyani.

Pada kesempatan kuliah umum ini, Sri Mulyani menyampaikan, UNJ sebagai kampus negeri di Ibu Kota memiliki banyak potensi.

"Untuk itu UNJ harus menjadi institusi pendidikan yang berlandaskan etika universal, mengasah kemanusiaan yang adil dan beradab, adaptif dan visioner," pesan Sri Mulyani.

Baca juga: Bangun Skill yang Dibutuhkan Era Digital, Ikuti Kelas Coding Gratis Ini

"Selamat datang bagi para mahasiswa baru UNJ. Selamat menempuh pendidikan tinggi, dan terus raih prestasi", pesan Sri Mulyani.

Sementara itu Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas waktu dan kesediaan Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani yang sudah bersedia menyampaikan kuliah umum hari ini, ucap Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan bahwa mahasiswa baru UNJ untuk dapat sukses dalam studi, setidaknya ada 3 hal yang perlu dilakukan, yaitu; (1)Menyelesaikan studi dengan cepat, dan IPK bagus, (2) Fokus dalam menyelesaikan studi, dan (3) Kolaborasi bersama teman kuliah dalam menyelesaikan segala tugas kuliah.

"Selamat menjadi bagian dari keluarga besar UNJ, dan raih prestasi dalam studi, pesan Prof. Komarudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com