Kompas.com - 01/10/2022, 17:39 WIB
|

KOMPAS.com - Jika seseorang punya sakit asam lambung tentu yang harus diperhatikan adalah asupan makanannya. Maka, ini makanan bagi penderita asam lambung.

Ada makanan yang bisa meningkatkan asam lambung, salah satunya cekelat, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, buah-buahan yang asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih.

Karena itu, para penderita harus paham. Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ini pilihan makanan yang cocok dan bisa coba.

Baca juga: Ners Unair: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan bagi penderita asam lambung

1. Jahe

Rempah yang satu ini tidak saja memberikan rasa hangat dalam tubuh, tapi juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung.

Hal ini karena kandungan antiradang di dalam jahe dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.

2. Sayuran hijau

Untuk sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus, memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan.

Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

3. Pisang

Adapun kandungan pH sekitar 5,6 di dalam buah pisang menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Tidak hanya itu, jantung pisang juga sangat kaya akan serat sehingga baik untuk mencegah terjadinya asam lambung. Selain pisang, buah lain, seperti pir, apel atau melon, juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Info Ners Unair

4. Daging tanpa lemak

Dengan mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.