Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2022, 17:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Jika seseorang punya sakit asam lambung tentu yang harus diperhatikan adalah asupan makanannya. Maka, ini makanan bagi penderita asam lambung.

Ada makanan yang bisa meningkatkan asam lambung, salah satunya cekelat, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, buah-buahan yang asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih.

Karena itu, para penderita harus paham. Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), ini pilihan makanan yang cocok dan bisa coba.

Baca juga: Ners Unair: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Makanan bagi penderita asam lambung

1. Jahe

Rempah yang satu ini tidak saja memberikan rasa hangat dalam tubuh, tapi juga dapat mengurangi risiko naiknya asam lambung.

Hal ini karena kandungan antiradang di dalam jahe dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan, dan dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.

2. Sayuran hijau

Untuk sayuran hijau, seperti brokoli, kembang kol, kentang, selada, timun, buncis, dan asparagus, memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung, serta menyehatkan sistem pencernaan.

Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

3. Pisang

Adapun kandungan pH sekitar 5,6 di dalam buah pisang menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Tidak hanya itu, jantung pisang juga sangat kaya akan serat sehingga baik untuk mencegah terjadinya asam lambung. Selain pisang, buah lain, seperti pir, apel atau melon, juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Info Ners Unair

4. Daging tanpa lemak

Dengan mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk penderita asam lambung.

Jika Anda ingin mengonsumsi daging, ikan, dan makanan laut lainnya, maka disarankan memilih yang tanpa lemak, tanpa kulit, kemudian olah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar.

5. Roti

Adapun pilihan roti yang disarankan untuk penderita asam lambung adalah roti yang terbuat dari gandum atau mengandung ragam biji-bijian di dalamnya.

Roti jenis ini mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

6. Oatmeal

Bagi penderita penyakit asam lambung memerlukan makanan yang kaya akan serat untuk mengatasi gejala penyakit asam lambung.

Hal ini karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung. Selain itu, oatmeal tidak hanya kaya akan serat tapi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca juga: 6 Cara Atasi Kram Perut Saat Haid dari Ners Unair

Hal yang harus dihindari

Selain mengonsumsi makanan untuk penderita asam lambung, Anda juga perlu menghindari kebiasaan yang dapat memicu naiknya asam lambung, seperti:

1. merokok

2. mengonsumsi alkohol

3. tidur setelah makan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com