Kompas.com - 29/09/2022, 08:37 WIB

KOMPAS.com - Bahaya merokok yang sudah diketahui banyak orang, seringkali berkaitan dengan masalah jantung, tenggorokan, hingga stroke.

Kenyataannya, ada 2 kebiasaan yang sama berbahayanya dengan merokok. Kedua kebiasaan ini malah sering dilakukan oleh hampir semua orang.

Dilansir dari laman Ners Universitas Airlangga (Unair) kedua kebiasaan yang sama bahayanya dengan merokok ini adalah kurang tidur dan duduk sepanjang hari.

Baca juga: Begini Cara Kerja Otak Saat Jatuh Cinta, Menurut Ners Unair

Lalu, mengapa kedua aktivitas ini sama bahayanya dengan merokok? Berikut penjelasannya.

Kurang jam tidur

Tidur kurang dari jam normal dapat menyebabkan tingginya tekanan darah, serangan jantung, stroke, obesitas, dan gangguan kesehatan lain.

Kurangnya tidur bisa menyebabkan kematian dan jumlahnya hampir sama dengan kematian akibat merokok. Apabila seseorang cukup tidur tapi tetap lelah, sebaiknya bisa konsultasi ke dokter.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Pakai Ramuan Alami, Info Ners Unair

Jangka waktu tidur kurang dari enam jam setiap malam dapat meningkatkan risiko dua kali lipat pada pasien yang memiliki faktor risiko untuk mengidap penyakit jantung dan diabetes.

Studi baru yang diselenggarakan oleh para peneliti di Pennsylvania State College of Medicine dan dilaporkan dalam the Journal of the American Heart Association ikut meneliti jika pasien yang memiliki penyakit jantung dan diabetes dua kali lebih besar untuk mengalami kematian.

Bahkan dibandingkan mereka yang tidak memiliki faktor-faktor penyakit tersebut, tidur kurang dari enam jam setiap malam tetap berakibat fatal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.