Kompas.com - 07/10/2022, 09:01 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ingin mensejahterakan para guru melalui program Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2022.

Para guru yang lolos dalam Seleksi PPPK Guru 2022 ini diharapkan bisa lebih sejahtera karena mendapat gaji rutin setiap bulan.

Tak hanya gaji dan tunjangan yang jelas, dengan lolos Seleksi PPPK Guru juga akan mendapatkan perlindungan hukum dalam menjalankan profesinya.

Dalam memeringati Hari Guru Sedunia 2022, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek mengadakan webinar yang menghadirkan dua guru yang telah lolos Seleksi PPPK Guru tahun 2021.

Baca juga: Agar Anak Sukses di Masa Depan, Ajarkan 5 Keterampilan Hidup Ini

Guru adalah ujung tombak

Guru SMA Negeri 1 Pamijahan Bogor Jawa Barat Ade Taufik Kurahman mengatakan, terkait tema Hari Guru Sedunia 2022 yakni "transformasi pendidikan dimulai dari guru" dia sangat setuju.

Dia menilai, tema tersebut mengingatkan bahwa guru adalah ujung tombak dari kurikulum. Guru adalah pemain inti, karena apapun kurikulumnya, guru profesional yang menuntun murid mencapai tujuannya.

"Guru bisa meningkatkan kompetensi diri dalam melakukan pembelajaran di kelas. Transformasi guru dimulai dari diri masing-masing sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki guru yakni kemandirian, mengembangkan diri dan mengembangkan orang lain, reflektif, inovatif, kolaborasi dan nilai keberpihakan kepada siswa," papar Ade dalam acara Sapa GTK Episode 8 yang disiarkan langsung di YouTube Ditjen GTK Kemdikbud RI, Rabu (5/10/2022).

Ade menekankan, guru harus profesional dalam menuntun siswa mencapai harapannya. Hal itulah yang membuat guru harus memulai transformasi pendidikan.

Ade mengajak para guru lain untuk maju bergerak melakukan transformasi pendidikan. Sehingga bisa mencapai pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

Baca juga: 5 Negara yang Penduduknya Paling Malas di Dunia, Indonesia Nomor 1

Seleksi PPPK Guru beri perlindungan hukum

Ade menekankan, pemerintah memastikan kesejahteraan dan memberi perlindungan bagi guru melalui Seleksi PPPK Guru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.