Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Universitas Tertua di Indonesia, Ada Kampusnya Ir Soekarno

Kompas.com - 30/08/2022, 19:54 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia dan beberapa diantaranya masuk tergolong universitas tertua di Indonesia.

Setidaknya ada 4 universitas di Indonesia yang usianya sudah cukup tua. Meski sudah lama didirikan, namun kualitas dari 4 universitas tertua di Indonesia ini tidak perlu diragukan lagi.

Melansir dari laman masing-masing universitas, berikut 4 universitas tertua di Indonesia yang perlu diketahui mahasiswa.

Baca juga: 5 Poin Perubahan Positif RUU Sisdiknas untuk PAUD, Dikmen dan Dikdas

4 universitas tertua di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Salah satu universitas tertua di Indonesia adalah Universitas Indonesia (UI). Kampus yang berada di Depok, Jawa Barat ini telah meluluskan banyak tokoh terkenal.

Cikal bakal UI bermula pada tahun 1849. Pada tahun itu, pemerintah Kolonial Belanda membangun sebuah sekolah tinggi ilmu kesehatan. Kemudian pada Januari 1851 sekolah tersebut secara resmi dinamakan sebagai Dokter-Djawa School.

Sekolah tinggi ini mengkhususkan diri pada ilmu kedokteran, tepatnya pendidikan tenaga mantri. Setelah sempat mengalami perubahan nama di akhir abad 19, tepatnya di tahun 1898, nama Dokter-Djawa School berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (School of Medicine for Indigenous Doctors) atau dikenal juga sebagai STOVIA. 

Setelah beberapa lama, Universiteit van Indonesië kemudian disatukan menjadi
"Universiteit Indonesia" pada 1950.

Baca juga: 37 Contoh Kata Antonim dalam Bahasa Inggris yang Perlu Diketahui Siswa

2. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas AirlanggaDok. Unair Universitas Airlangga

Salah satu universitas terbaik di Jawa Timur ini juga masuk universitas tertua di Indonesia. Cikal bakal Unair sudah ada sejak 1851 dengan berdirinya Dokter Djawa Berdiri atau Dokter Djawa School (Sekolah Dokter Jawa) didirikan di Batavia.

Kemudian pada tahun 1913, Netherlandsch Indische Artsen School (NIAS) berdiri. Tepatnya pada 8 Mei 1913, Sekolah Dokter di Surabaya bernama Netherlandsch Indische Artsen School (NIAS) berdiri. Berlokasi di Jalan Kedungdoro 38 Surabaya. NIAS diresmikan pada 1 Juli 1913, sementara pendidikannya dimulai pada 15 Juli 1913. Pada tahun 1945, Unair resmi menjadi perguruan tinggi negeri.

Pada tahun 1945, berakhirlah kependudukan Jepang, pemerintah RI mengambil alih dan mengganti namanya menjadi Perguruan Tinggi Kedokteran RI.

Universitas Airlangga diresmikan pada 1 November 1954. Fakultas Kedokteran dan Lembaga Ilmu Kedokteran Gigi di Surabaya dipisahkan dari "induknya" yakni Universitas Indonesia.

Selanjutnya pada 10 November 1954, Presiden RI Ir. Soekarno meresmikan berdirinya Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ketiga di Indonesia setelah Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca juga: 15 SMA Terbaik di Riau Versi Nilai UTBK 2022, Ada Sekolah Incaranmu?

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang Institut Teknologi Bandung). Barakgebouw A (Aula Barat) dilihat dari plaza gerbang dalam. Foto diambil tahun 1936. Tropenmuseum Kampus Technische Hoogeschool te Bandoeng (sekarang Institut Teknologi Bandung). Barakgebouw A (Aula Barat) dilihat dari plaza gerbang dalam. Foto diambil tahun 1936.

Sejarah Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia berawal pada abad ke-20, ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH) pada 3 Juli 1920 di lahan seluas 30 hektar di Bandung.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com