Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Ini 7 Manfaat Jahe: Salah Satunya Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 13/05/2022, 06:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu rempah-rempah yang populer di masyarakat adalah jahe. Rempah ini sering dijadikan minuman untuk menghangatkan badan.

Tak hanya itu saja, manfaat jahe lainnya begitu beragam, mulai dari meningkatkan imunitas hingga menurunkan berat badan.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), jahe mengandung gingerol, shogaol, gingerol, zingeron, dan zat-zat antioksidan lainnya yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Info Ners Unair

Berikut ini dijelaskan 7 manfaat jahe yang penting diketahui oleh pelajar, mahasiswa maupun masyarakat.

Manfaat jahe

1. Meningkatkan imunitas tubuh

Adapun kandungan gingerol pada jahe dapat meningkatkan imunitas tubuh. Gingerol terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Selain itu, gingerol juga menurunkan risiko infeksi. Studi menunjukkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Jahe juga efektif melawan bakteri mulut dan melawan virus penyebab penyakit pernapasan.

2. Meredakan batuk

Manfaat jahe berikutnya ialah bisa meredakan batuk. Batuk adalah respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.

Umumnya batuk diderita dalam kurun waktu 1-2 minggu. Batuk dapat diredakan dengan jahe. Caranya ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, dicuci bersih, dan direbus dengan 2 gelas air. Dididihkan hingga tinggal 1 gelas. Air rebusan jahe diminum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

3. Mengobati penyakit rematik

Sementara penyakit rematik yang dapat menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan.

Baca juga: Ners Unair: Ini 7 Menu Makan Malam Antigemuk

Maka, konsumsi jahe juga dapat meredakan penyakit rematik. Caranya ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, dibakar, dicuci bersih, lalu diparut. Parutan jahe bakar ditempelkan di bagian tubuh yang terserang rematik.

4. Menurunkan gula darah

Selain itu, manfaat jahe lainnya ialah menurunkan gula darah. Jahe dapat menurunkan gula darah secara signifikan sehingga baik dikonsumsi untuk orang dengan diabetes. Studi menunjukkan, jahe dapat mengurangi kadar gula darah puasa hingga 12 persen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com