Kompas.com - 09/05/2022, 20:47 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu penyakit yang umum dialami masyarakat ialah pilek atau hidung tersumbat. Tentu hal ini sangat mengganggu keseharian. Apalagi masih dalam masa pandemi.

Karena sulit bernapas, aktivitas jadi terganggu. Belum lagi saat waktu tidur tiba, tidur menjadi tidak nyenyak akibat harus mengubah posisi tidur ke arah kanan dan kiri demi bisa bernapas.

Apakah Anda sudah pernah atau sedang mengalami hal serupa? Jika iya, maka jangan khawatir. Ada cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dicoba.

Baca juga: Ners Unair: Ini 7 Menu Makan Malam Antigemuk

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), hidung tersumbat terjadi ketika jaringan dan pembuluh darah yang ada di sekitar hidung menjadi bengkak akibat adanya cairan berlebih.

Kondisi ini mungkin disertai pula dengan keluarnya ingus. Beberapa kondisi yang mungkin bisa membuat hidung Anda tersumbat, antara lain pilek, flu, alergi, dan sinusitis.

Jika Anda mengalami hidung tersumbat yang diiringi demam tinggi, terdapat darah pada ingus, atau ingus berubah warna menjadi hijau, maka segera temui dokter.

Tetapi jika Anda mengalami hidung tersumbat, ada hal penting yang perlu Anda perhatikan juga yakni menjaga kelembaban saluran hidung dan sinus.

Cara mengatasi hidung tersumbat

Berikut langkah-langkah mudah untuk meredakan hidung tersumbat:

1. Minum banyak cairan

Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembab.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.