Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Program Kampus Merdeka Bank Indonesia Angkatan 3 Dibuka

Kompas.com - 19/08/2021, 16:45 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berkolaborasi dengan Bank Indonesia menyelenggarakan program Kampus Merdeka Bank Indonesia (KMBI).

Dalam Pembukaan Program KMBI Angkatan 3 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Rabu (18/8/2021), Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam mengatakan bahwa program Kampus Merdeka merupakan terobosan baru untuk mengubah pembelajaran di perguruan tinggi dengan mengawin silangkan antara dunia perguruan tinggi dan kampus kehidupan.

Program KMBI ini, terang Nizam, menjadi langkah nyata dalam mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka di Bank Indonesia untuk mencetak generasi yang nantinya siap memasuki dunia kerja.

Baca juga: Mahasiswa Ingin Magang di Perusahaan Ternama? Daftar Program Kemendikbud Ristek Ini

“Seperti halnya program Kampus Merdeka Bank Indonesia ini akan memberikan kesempatan untuk para mahasiswa merasakan experience yang tidak mungkin mahasiswa dapatkan di kelas, seperti kegiatan langsung di dalam Bank Sentral,” ungkap Nizam seperti dirangkum dari laman Dikti Kemendikbud, Kamis (19/8/2021).

Nizam menyebut program Kampus Merdeka Bank Indonesia yang pada awalnya hanya diikuti oleh 6 perguruan tinggi ini, hingga saat ini sudah lebih dari 90 perguruan tinggi yang tergabung.

Mahasiswa yang memiliki passion dan mempunyai aspirasi yang sangat beragam diberikan kesempatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan, hard skill, soft skill dari dunia profesi yang akan mereka masuki.

Sehingga, lanjut Nizam, terjadi transformasi secara evolutif untuk menghasilkan sarjana-sarjana yang unggul dan sesuai dengan kebutuhan dunia profesi yang terus berubah.

Peserta juga akan mendapatkan beberapa manfaat dari program KMBI, di antaranya peserta akan dibekali dengan modul-modul pembelajaran wajib, pilihan dan pelengkap sesuai dengan topik proyek riset yang akan dilaksanakan.

Baca juga: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek, Ini Syaratnya

Peserta juga berkesempatan untuk menerapkan ilmu dari kampus dalam proyek riset di satuan kerja penempatan, serta tentunya peserta akan mendapatkan pengalaman praktik kerja di area kebijakan utama dan kebijakan pendukung Bank Indonesia.

Ia berharap, dunia pengembangan keilmuan di perguruan tinggi yang menggunakan pendekatan akademis dapat sesegera mungkin berinteraksi dan berkolaborasi dengan kebutuhan nyata dunia profesi, sehingga dapat melahirkan talenta-talenta unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Direktur Bank Indonesia Institute, Ariyana Abubakar mengatakan bahwa aktivitas dcpembelajaran dalam program KMBI nantinya akan dilakukan selain dalam bentuk pembelajaran mengenai topik bank sentral, ilmu mengenai ekonomi keuangan secara umum, serta pengenalan perilaku kerja termasuk nilai-nilai strategis secara sosial dan institusional.

Aktivitas pembelajaran KMBI akan dilakukan selama 1 semester dengan maksimum 20 SKS. Selain itu, monitoring program pembelajaran dari setiap peserta akan kami lakukan melalui platform digital Learning Management System Matrix (LMS Matrix) yang saat ini sedang dikembangkan di Bank Indonesia Institute.

"Serta tentunya akan dilakukan program pendampingan yang didampingi oleh teman-teman generasi milenial yang sengaja kami siapkan untuk membantu dan mempermudah peserta dalam proses beradaptasi dengan lingkungan kerja,” ucap Ariyana.

Baca juga: Pelatihan “Data Science” Gratis untuk Umum dari DQLab UMN, Ini Cara Daftar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com