Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membagi Waktu Kuliah dan Jadi Relawan

Kompas.com - 05/12/2020, 15:45 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tugas utama seorang mahasiswa yakni belajar atau menuntut ilmu. Namun, saat ini belajar saja tidak cukup. Melainkan dibutuhkan pengembangan diri di luar kuliah.

Maka tak heran jika banyak mahasiswa yang mengikuti aktivitas lain selain belajar. Atau kegiatan positif untuk penunjang pembelajaran di luar kelas perkuliahan.

Salah satu kegiatan itu adalah menjadi relawan. Ada banyak dari mahasiswa yang menjadi relawan dalam beberapa kegiatan di waktu yang bersamaan.

Tapi, yang sering kali menjadi kendala adalah porsi waktu yang seringkali kurang seimbang antara kuliah dan aktivitas lain, yang bisa berakhir dengan terbengkalainya salah satu kewajiban.

Baca juga: Ikut Kuliah Daring Mudah Capek? Begini Lho Posisi Duduk Ideal

Lalu bagaimana cara agar semua bisa seimbang? Yuk, simak tipsnya yang dirangkum dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sabtu (5/12/2020).

1. Pastikan tahu apa yang dilakukan

Sebelum kamu memulai aktivitas, biasakanlah untuk bertanya dulu pada diri sendiri mengenai apa tujuanmu? apa yang ingin kamu capai?

Dan pertanyaan-pertanyaan yang akan mempermudah untuk mahasiswa menentukan ingin seperti apa kedepannya nanti?

2. Tentukan skala prioritas

Ketika kamu memutuskan untuk melakukan banyak hal secara bersamaan, maka tentukanlah skala prioritas dari setiap kegiatan agar tetap sesuai dengan tujuan awal.

Ketika keputusan pertama adalah untuk pendidikan, maka prioritaskan pendidikan. Tapi pendidikan juga perlu ditunjang dengan berbagai soft skill, yang salah satunya bisa kamu dapatkan melalui kegiatan menjadi relawan.

Maka kamu dapat membuat skala prioritas 60 persen pendidikan dan 40 persen kegiatan penunjang pendidikan (relawan, organisasi, dan lainnya).

3. Buat daftar tugas atau kewajiban

Ketika kamu punya banyak aktivitas, sangat memungkinkan untuk terjadinya tumpah tindih kewajiban hingga kewajiban terlupakan karena terlalu semangat melakukan kewajiban lainnya.

Untuk menyiasatinya, buatlah daftar kewajiban yang harus kamu kerjakan dan kapan kewajiban itu harus diselesaikan.

Cara ini akan membuat daftar kewajiban kamu tersusun dengan rapi dan pastikan untuk mengerjakan kewajiban tersebut sesuai jadwalnya, agar tidak menumpuk.

4. Lakukan yang terbaik

Meski banyak aktivitas secara bersamaan, usahakan untuk selalu memberi kemampuan terbaikmu. Ketika ada tugas kuliah maka kerjakan semaksimal mungkin karena ketika mendapat nilai baik maka nilai itu untuk kita juga.

Begitu pula saat jadi relawan, lakukan kewajibanmu dengan maksimal dan terbaik. Ketika pekerjaan itu dengan totalitas, maka kamu akan terbiasa melakukan pekerjaan dengan maksimal.

Baca juga: Mahasiswa UNS Rancang Produk Bumbu Tinggi Kalsium Pakai Bahan Ini

Ini tentunya merupakan soft skill yang akan menguntungkan bagi kamu ketika nanti terjun di dunia kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com