Mahasiswa UNS Rancang Produk Bumbu Tinggi Kalsium Pakai Bahan Ini

Kompas.com - 04/12/2020, 08:51 WIB
Ilustrasi memasak sayuran shutterstockIlustrasi memasak sayuran
|

KOMPAS.com - Setiap hari, para ibu-ibu atau juru masak selalu memasak menggunakan bumbu rempah dan bumbu masak berkalsium tinggi.

Karena kebutuhan akan kalsium sangat penting bagi tubuh manusia, maka setiap hari harus terpenuhi. Untuk itulah, Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) UNS Program Studi (Prodi) Peternakan Fakultas Pertanian (FP) merancang bumbu masak kalsium tinggi.

Tetapi, para mahasiswa UNS tersebut memanfaatkan bahan ini. Apa bahannya? Ternyata, bahannya ialah cangkang telur.

Tim PKM-K itu diketuai oleh David Anggara Putra dan beranggotakan Farhan Sabilla Rosyad juga Slamet Prihatin dari Prodi Peternakan angkatan 2018.

Menurut David Anggara Putra, cangkang telur merupakan limbah peternakan yang banyak tapi belum dimanfaatkan. Ini karena, tingkat konsumsi telur sendiri tiap tahun kian meningkat. Meningkatmya konsumsi telur ini beriringan dengan bertambahnya limbah cangkang telur.

Baca juga: Botol Portabel Karya Mahasiswa UNS, Konversi Air Laut Jadi Siap Minum

"Limbah cangkang telur yang menumpuk akan berdampak buruk pada lingkungan. Dasar pokok itulah yang menjadi ide untuk mengolah limbah cangkang telur menjadi komponen bumbu masak dengan kandungan kalsium tinggi," ujar David seperti dikutip dari laman UNS, Rabu (2/12/2020).

Jaga kecukupan supali kalsium

Dijelaskan, cangkang telur mengandung kalsium karbonat sebesar 90 persen, magnesium karbonat 1 persen, kalsium fosfat 1 pesen, dan protein 4 persen.

Kandungan kalsium yang tinggi tersebut berpotensi dimanfaatkan sebagai bahan fortifikasi kalsium produk pangan.

Untuk itulah mereka menjadikan sebuah produk bumbu masak dengan nama BUCATUR. BUCATUR dirancang terbuat dari rempah pilihan asli Indonesia dengan fortifikasi kalsium yang berasal dari ekstrak cangkang telur sebesar 5 persen.

Berbeda dengan bumbu masak yang dijual di pasaran, BUCATUR mengandung 280 mg kalsium setiap satu sachet (14 g) sehingga didapatkan bumbu masak dengan kandungan kalsium yang tinggi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X