Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain Bersama Hewan Peliharaan Bisa Hilangkan Kurangi Stres Karena Corona, Ini Tipsnya...

Kompas.com - 25/04/2020, 04:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Bermain dengan hewan kesayangan bisa menjadi alternatif menghilangkan rasa bosan di saat harus berada di rumah.

Wakil Direktur Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Brawijaya (RSHP UB) Drh. Dodik Prasetyo, menjelaskan hewan peliharaan yang dijadikan teman akan bisa memberikan dampak psikologis yang bagus karena bisa memberikan kesenangan.

"Terutama saat bermain bersama. Jika owner bisa bahagia maka bisa mengurangi stress juga. Jika tidak stress dan bahagia maka ketahanan tubuh juga akan bagus. Apalagi di situasi seperti saat ini, bermain dengan hewan kesayangan bisa menjadi salah satu alternatif solusi penghilang stress atau jenuh," kata Drh. Dodik seperti dikutip dari .laman UB.

Untuk menjaga kesehtan hewan peliharaan dari bahaya COVID-19, Drh. Dodik memberikan empat tips merawat hewan kesayangan, yaitu pertama menjaga kesehatan hewan dengan perawatan yang bagus, seperti memberikan asupan pakan yang bernutrisi sesuai kebutuhan hewan, ketersediaan air minum yang cukup, serta menjaga kebersihan hewan dan tempat tinggalnya.

Kedua membersihkan diri selepas berinteraksi dengan hewan.

"Bermain dengan hewan bisa memberikan kesenangan secara psikologis, namun tetap wajib bersih diri dan ganti pakaian setelahnya, terutama dengan hewan yang suka menjilat. Minimal cuci tangan dengan sabun," tambahnya.

Baca juga: Tips Interaksi dengan Hewan Peliharaan di Tengah Corona ala Pakar IPB

Ketiga, senantiasa berkonsultasi dengan dokter hewan dengan cara menjaga komunikasi yang baik dengan dokter hewan, untuk monitoring kondisi perkembangan kesehatan hewan.

Keempat, jika pemilik hewan terindikasi terpapar COVID-19, jangan telantarkan hewan.

"Kandangkan hewan di tempatnya dan limpahkan tanggung jawab ke anggota keluarga untuk merawatnya selama pemilik dalam masa pengobatan. Jangan sampai dilepasliarkan dan ditelantarkan serta sterilkan kandang," tambah Drh. Dodik.

Jika hewan kesayangan mengalami keadaan gawat darurat atau emergency seperti:kesulitan melahirkan, perdarahan hebat, prolapsus, diare akut, dehidrasi berat disertai lemas, kesulitan bernafas dan kejang maka segera bawa ke dokter hewan.

Gunakan masker ketika pergi ke dokter hewan dan tetap menjaga social distancing, serta patuhi peraturan yang telah dibuat oleh klinik hewan dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19 .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com