Kompas.com - 24/04/2020, 16:45 WIB
Faculty of Engineering & Technology (FET) Sampoerna University menggagas kerjasama dengan PT. Flexitech Evolusindo serta didukung Asosiasi Printer Tridimensi Indonesia (Printridi) untuk memproduksi dan mendonasikan alat pelindung wajah (face shield masks) bagi para tenaga medis yang berjuang menangani para pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di wilayah ibukota. Dok. Sampoerna UniversityFaculty of Engineering & Technology (FET) Sampoerna University menggagas kerjasama dengan PT. Flexitech Evolusindo serta didukung Asosiasi Printer Tridimensi Indonesia (Printridi) untuk memproduksi dan mendonasikan alat pelindung wajah (face shield masks) bagi para tenaga medis yang berjuang menangani para pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP) di wilayah ibukota.

KOMPAS.com - Masih terbatasnya jumlah Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis yang berada di garis depan penanganan Covid-19, Faculty of Engineering & Technology (FET) Sampoerna University memproduksi dan mendonasikan alat pelindung wajah (face shield).

Dalam proses produksi alat pelindung wajah ini, Sampoerna University bekerja sama dengan PT. Flexitech Evolusindo serta didukung Asosiasi Printer Tridimensi Indonesia (Printridi).

“Menyadari kebutuhan yang mendesak itu, Sampoerna University menginisiasi upaya produksi dan donasi alat pelindung wajah kepada para tenaga kesehatan yang berada di garis depan penanganan Covid-19 di Jakarta," papar Head of Mechanical Engineering Study Sampoerna University Farid Triawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Beasiswa S2 Manajemen PPM Jakarta, dari Biaya Kuliah hingga Uang Saku

Farid menjelaskan, proses produksi menggunakan teknologi pencetakan 3D di laboratorium FET. Teknologi ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya ialah kemampuan membuat purwarupa (prototype) secara cepat serta fleksibilitas desain.

“Teknologi pencetakan 3D di Lab FE memungkinkan pembuatan beragam jenis alat pelindung wajah dengan berbagai bentuk, jenis serta ukuran secara cepat dan terjangkau. Karena kebutuhan APD yang sangat mendesak sekarang, kami berupaya menggunakan teknologi ini untuk memproduksi alat pelindung wajah,” imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar memenuhi standar medis, sebelum proses produksi terlebih dahulu diadakan konsultasi mengenai desain dengan Asosiasi Printridi. Para dosen Design Communication Visual FET Sampoerna University pun turut bergabung membuat desain yang bisa diproduksi secara massal di pabrik.

Baca juga: Beasiswa Pertamina Foundation bagi Mahasiswa S1/D3 Terdampak Covid-19

"Saat ini, kami sudah mulai mendistribusikan alat pelindung wajah secara bertahap ke beberapa rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya, misalnya Rumah Sakit MMC dan Rumah Sakit Pondok Indah, dan RS Awal Bros Bekasi Timur," ucap Farid.

Total yang telah didonasikan ialah 150 alat pelindung wajah ke RS MMC Kuningan Jakarta, 130 ke RS Pondok Indah, dan 82 ke RS Awal Bros Bekasi Timur.

Selain sebagai bentuk dukungan kepada para tenaga medis sekaligus membantu mengurangi penyebaran Covid-19, upaya pengadaan APD ini menjadi wujud misi Sampoerna University untuk mencetak para pemimpin masa depan dengan karakter moral dan kepedulian tinggi terhadap sekitar.

Selain itu, menyadari bahwa lulusan sekarang membutuhkan lebih dari sekadar pemahaman teoretis untuk dapat bersaing secara global, Sampoerna University memberikan fasilitas laboratorium dan infrastruktur terbaik agar mahasiswa bisa menerapkan apa yang mereka pelajari.

Berkat kerja sama dengan University of Arizona dan Broward College, Sampoerna University memungkinkan mahasiswanya meraih "U.S. bachelor’s degree" dengan kuliah di Jakarta selama 4 tahun.

Semua didukung dengan penerapan Kurikulum AS serta para tenaga pengajar (dosen) yang 75 persen telah meraih gelar doktor (PhD) dari sejumlah universitas terkemuka di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.