Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampoerna University Produksi dan Donasikan "Face Shield" untuk RS di Jakarta

Kompas.com - 24/04/2020, 16:45 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Masih terbatasnya jumlah Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis yang berada di garis depan penanganan Covid-19, Faculty of Engineering & Technology (FET) Sampoerna University memproduksi dan mendonasikan alat pelindung wajah (face shield).

Dalam proses produksi alat pelindung wajah ini, Sampoerna University bekerja sama dengan PT. Flexitech Evolusindo serta didukung Asosiasi Printer Tridimensi Indonesia (Printridi).

“Menyadari kebutuhan yang mendesak itu, Sampoerna University menginisiasi upaya produksi dan donasi alat pelindung wajah kepada para tenaga kesehatan yang berada di garis depan penanganan Covid-19 di Jakarta," papar Head of Mechanical Engineering Study Sampoerna University Farid Triawan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/4/2020).

Baca juga: Beasiswa S2 Manajemen PPM Jakarta, dari Biaya Kuliah hingga Uang Saku

Farid menjelaskan, proses produksi menggunakan teknologi pencetakan 3D di laboratorium FET. Teknologi ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya ialah kemampuan membuat purwarupa (prototype) secara cepat serta fleksibilitas desain.

“Teknologi pencetakan 3D di Lab FE memungkinkan pembuatan beragam jenis alat pelindung wajah dengan berbagai bentuk, jenis serta ukuran secara cepat dan terjangkau. Karena kebutuhan APD yang sangat mendesak sekarang, kami berupaya menggunakan teknologi ini untuk memproduksi alat pelindung wajah,” imbuhnya.

Agar memenuhi standar medis, sebelum proses produksi terlebih dahulu diadakan konsultasi mengenai desain dengan Asosiasi Printridi. Para dosen Design Communication Visual FET Sampoerna University pun turut bergabung membuat desain yang bisa diproduksi secara massal di pabrik.

Baca juga: Beasiswa Pertamina Foundation bagi Mahasiswa S1/D3 Terdampak Covid-19

"Saat ini, kami sudah mulai mendistribusikan alat pelindung wajah secara bertahap ke beberapa rumah sakit di Jakarta dan sekitarnya, misalnya Rumah Sakit MMC dan Rumah Sakit Pondok Indah, dan RS Awal Bros Bekasi Timur," ucap Farid.

Total yang telah didonasikan ialah 150 alat pelindung wajah ke RS MMC Kuningan Jakarta, 130 ke RS Pondok Indah, dan 82 ke RS Awal Bros Bekasi Timur.

Selain sebagai bentuk dukungan kepada para tenaga medis sekaligus membantu mengurangi penyebaran Covid-19, upaya pengadaan APD ini menjadi wujud misi Sampoerna University untuk mencetak para pemimpin masa depan dengan karakter moral dan kepedulian tinggi terhadap sekitar.

Selain itu, menyadari bahwa lulusan sekarang membutuhkan lebih dari sekadar pemahaman teoretis untuk dapat bersaing secara global, Sampoerna University memberikan fasilitas laboratorium dan infrastruktur terbaik agar mahasiswa bisa menerapkan apa yang mereka pelajari.

Berkat kerja sama dengan University of Arizona dan Broward College, Sampoerna University memungkinkan mahasiswanya meraih "U.S. bachelor’s degree" dengan kuliah di Jakarta selama 4 tahun.

Semua didukung dengan penerapan Kurikulum AS serta para tenaga pengajar (dosen) yang 75 persen telah meraih gelar doktor (PhD) dari sejumlah universitas terkemuka di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com