Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kata Tim Peneliti UGM tentang Penerapan Program Kartu Prakerja

Kompas.com - 24/04/2020, 17:36 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Center for Digital Society (CfDS) Fisipol UGM melakukan riset tentang program Kartu Prakerja yang bertujuan untuk mengetahui potensi penerapan program Kartu Prakerja dengan mempertimbangkan lanskap digital di Indonesia.

Riset CfDS kali ini dilakukan delapan peneliti, yaitu Treviliana Eka Putri, Paska Darmawan, Anisa Pratita Kirana Mantovani, Anaq Duanaiko, Janitra Haryanto, Iradat Wirid, Raka Wicaksana dan Riawan Hanif Alifadecya.

Sementara untuk hasilnya disampaikan dua peneliti, yaitu Treviliana Eka Putri dan Paska Darmawan melalui konferensi pers daring pada Kamis (23/4).

Treviliana menjelaskan program Kartu Prakerja adalah sebuah program peningkatan keterampilan melalui kelas-kelas dengan penerapan berbasis digital.

Dengan anggaran total sebesar Rp20 triliun, program Kartu Prakerja menyasar 5,6 juta orang penduduk Indonesia yang nantinya berhak mendapatkan insentif finansial dengan total besaran Rp3.550.000 apabila telah menyelesaikan kelas-kelas pelatihan yang telah disediakan dalam mekanisme Kartu Prakerja.

“Memang Kartu Prakerja belum lama berjalan, tapi jika melihat dari mekanisme dan siapa yang bisa mendapat, masyarakat menilai program ini kurang efektif untuk diaplikasikan karena hanya terbatas pada orang-orang tertentu," ujar seperti dikutip dari halaman UGM.

Belum lagi soal kelas-kelas yang ditawarkan, menurut Treviliana, pemerintah perlu lebih mengkurasi lagi dari program-program yang ditawarkan.

Sebab, jika Kartu Prakerja sebagai Jaring Pengaman Sosial, kartu tersebut dinilai tidak inklusif bagi banyak orang, ia hanya menyasar secara terbatas untuk orang-orang yang bisa mengakses.

Jika memang sebagai Jaring Pengaman Sosial, Kartu Prakerja idealnya menjadi sebuah program yang bisa diakses banyak orang.

Bila ini sebagai program upskliling atau menambah keterampilan, dinilainya program Kartu Prakerja muatannya kurang mendalam.

“Kalau memang serius untuk menambah keterampilan mestinya fokus materi yang pas dengan harga yang tidak mahal. Terlebih di masa sulit akibat PHK karena pandemi Covid-19, tentu masyarakat akan lebih tertarik menerima bantuan tunai," katanya.

Baca juga: Konten Pelatihan Program Kartu Prakerja seperti Konten Gratis di Youtube

Kartu Prakerja diperuntukan satu dari lima penduduk Indonesia usia 15-24 tahun yang tidak sedang bekerja, sekolah atau dalam masa pelatihan.

Total bantuan yang diberikan Rp3.550.000 dengan rincian biaya bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif penuntasan Rp600.000 per bulan selama 4 bulan dan insentif survei kebekerjaan Rp150.000.

Bagi Treviliana, peluncuran Kartu Prakerja sebagai Jaring Pengaman sosial selama masa pendemi Covid-19 dinilai sebagai program paling berbeda dibandingkan dengan program JPS negara-negara lain.

Di banyak negara lain di saat pandemi Covid-19 lebih memilih memberikan bantuan yang bersifat langsung untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

“Meskipun kondisi negara berbeda-beda dan kita sudah mengeluarkan keringananan pembayaran listrik dan lain-lain, tapi meluncurkan program upsklilling di Kartu Prakerja di era Covid-19 sebagai Jaring Pengaman Sosial, saya nilai kurang tepat," ucapnya.

Tarif cukup mahal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com