5 Gunung Supervolcano di Dunia

Kompas.com - 29/01/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Gunung berapi yang pernah setidaknya satu kali meletus dengan melepaskan lebih dari 240 mil kubik material layak menyandang status sebagai supervolcano.

Menurut United States Geological Survey (USGS), ledakan supervolcano atau gunung berapi super juga harus berada pada magnitudo 8, peringkat tertinggi pada Volcanic Explosivity Index (VEI).

Ledakan supervolcano sangat besar dengan dampak yang luas, mulai dari longsoran batu panas, gas yang menyebar dari lereng gunung berapi, bahkan menyebabkan perubahan iklim global.

Salah satu supervolcano yang telah menghasilkan letusan dengan kekuatan VEI 8 adalah Yellowstone.

Yellowstone setidaknya pernah tiga kali meletus dengan skala yang besar, yakni 1,3 juta tahun lalu dengan VEI 7, dan pafa 2,1 juta serta 640 ribu tahun lalu dengan VEI 8.

Baca juga: Letusan Gunung hingga Tsunami Tonga, Apakah Berdampak ke Indonesia?

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (20/1/2022), USGS menyampaikan, letusan supervolcano sebesar itu di masa depan memang mungkin terjadi, namun kemungkinannya dalam beberapa ribu tahun ke depan "sangat rendah".

Benarkah letusan supervolcano dapat memusnahkan manusia?

Dilansir dari National Geographic melalui KOMPAS.com, letusan supervolcano memang dapat menghancurkan banyak hal, namun tidak akan menjadi akhir dunia.

Ledakan Gunung Tambora pada 1815 dapat menjadi contoh untuk melihat dampak letusan supervolcano.

Gunung Tambora meletus dengan magnitudo VEI 7 yang berarti tidak termasuk ledakan super, namun dampaknya dapat menjadi gambaran tentang bahaya letusan supervolcano.

Letusan Gunung Tambora menyebabkan gumpalan abu dan gas panas tersebar sejauh 45 km ke udara.

Baca juga: 5 Gunung Berapi Bawah Laut yang Masih Aktif

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.