Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Paling Tinggi Ada di Papua

Kompas.com - 11/12/2021, 13:10 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya kaya dengan laut dan pulau-pulaunya, Indonesia ternyata juga termasuk negara dengan jumlah gunung terbanyak.

Setidaknya ada lebih dari 400 gunung yang terbentang di sepanjang wilayah Indonesia. 100 di antaranya bahkan merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Tak heran, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ini menjadi daya tarik pariwisata bagi para wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Dari ratusan gunung di Indonesia itu, bahkan ada yang tingginya menjulang hingga 4000-an meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia

Melansir buku The Amazing of Indonesia: 71 Keajaiban Indonesia (2013) karya Sugeng HR, ada dua jalur pegunungan utama yang membuat Indonesia memiliki gunung tinggi, yaitu jalur Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania.

Lalu manakah yang merupakan puncak gunung tertinggi di tanah air? Biar tidak penasaran, berikut ini adalah 10 gunung tertinggi di Indonesia:

1. Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia terletak di tanah Papua, yakni Gunung Puncak Jaya atau dikenal juga dengan nama Jaya Wijaya. Puncak Jaya Merupakan bagian dari barisan pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Gunung ini memiliki ketinggian 4.884 mdpl, sehingga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Saat ini Gunung Jaya juga telah menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Selain itu, gunung ini juga menjadi salah satu Seven Summit di dunia. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari Puncak Jaya adalah gletser atau padang salju yang tidak dimiliki gunung lainnya di Indonesia. Salju di puncak gunung ini abadi atau selalu ada.

2. Gunung Puncak Mandala

Selain Puncak Jaya, di Tanah Papua juga masih ada gunung lainnya yang menjulang tinggi, yakni Gunung Puncak Mandala, tepatnya di Kabupaten Bintang.

Dengan tinggi mencapai 4.760 mdpl, Puncak Mandala menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Gunung Puncak Mandala merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya.
Nama lain dari gunung ini adalah Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal di saat penjajahan Belanda.

Seperti Puncak Jaya, Puncak Mandala dahulu juga ditutupi oleh salju. Namun karena pemanasan global, salju di Puncak Jaya perlahan mulai menghilang.

3. Gunung Puncak Trikora

Di peringkat ketiga gunung tertinggi di Indonesia juga masih dari tanah Papua, yakni Gunung Puncak Trikora. Lokasi gunung ini berada di Papua Barat dengan ketinggian mencapai 4.750 mdpl.

Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas. Titik awal pendakian gunung ini adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Pada zaman penjajahan Belanda dahulu, Gunung ini diberi nama Gunung Idenburg. Kini namanya adalah Gunung Ngga Pilimsit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com