Vaksinasi Booster Warga 18 Tahun ke Atas Sudah Boleh Digelar di Seluruh Daerah, Ini Syarat Penerimanya

Kompas.com - 29/01/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia kini tengah menjalankan program vaksinasi booster atau pemberian dosis ketiga untuk mengantisipasi melonjaknya penularan Covid-19.

Saat ini pemberian vaksin booster sudah dapat dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota bagi masyarakat umum yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya, vaksinasi booster diutamakan untuk kategori lansia dan kelompok rentan serta dilaksanakan di kabupaten/kota yang sudah memenuhi target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan 60 persen dosis pertama pada lansia.

Baca juga: Vaksinasi Booster 18 Tahun ke Atas Boleh Digelar di Seluruh Daerah

Kebijakan tersebut diatur dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.02.06./II/408/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (Booster) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

SE tersebut ditandatangani Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Maxi Rein Rondonuwu pada 27 Januari 2022.

Syarat penerima vaksin booster Covid-19 bagi masyarakat umum

Untuk warga berusia 18 tahun dapat menerima vaksin booster selama memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Telah mendapat vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya
  2. Mendaftar ke aplikasi PeduliLindungi untuk mendapatkan e-ticket.
  3. Jika sudah dapat e-ticket, bisa datang ke fasilitas kesehatan terdekat; atau
  4. Jika belum mendapatkan e-ticket dan jadwal vaksinasi di PeduliLindungi, masyarakat bisa datang langsung ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Kemudian, pemberian vaksin booster dapat dilakukan dengan dua mekanisme yaitu homolog (jenis vaksin sama dengan vaksinasi primer) dan heterolog (jenis berbeda dari vaksinasi primer).

Baca juga: Dinkes DKI: 458.527 Orang Sudah Divaksinasi Booster di Jakarta

Adapun kombinasi jenis Vaksin Booster, yaitu:

  • Dosis kedua Sinovac dapat diberikan Astrazeneca/Pfizer (1/2 dosis)
  • Dosis kedua AstraZeneca dapat diberikan Moderna/Pfizer (1/2 dosis) atau Astrazeneca ( 1 dosis)

"Untuk Triwulan I tahun 2022 alokasi vaksin booster akan diutamakan untuk Vaksin AstraZenica mengingat ketersediaan stok vaksin yang cukup banyak," tulis SE tersebut.

cara cek tiket vaksin booster lewat aplikasi dan laman PeduliLindungiKOMPAS.com/GARRY LOTULUNG cara cek tiket vaksin booster lewat aplikasi dan laman PeduliLindungi

Mencari lokasi vaksin booster terdekat

Sebagian masyarakat yang merasa sudah memenuhi persyaratan di atas, mungkin masih bingung bagaimana cara menemukan lokasi vaksinasi booster.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.