Kata Luhut Mengenai Harga PCR yang Mahal Bisa Turun Murah Rp 275.000

Kompas.com - 13/11/2021, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Publik belakangan mempertanyakan mengapa polymerase chain reaction (PCR) bisa turun harga dari yang mulanya bisa mencapai jutaan rupiah saat awal pandemi.

Bahkan nama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan sempat menjadi perbincangan karena dikaitkan dugaan mengambil keuntungan dari 'bisnis' alat tes PCR.

Menjawab isu tersebut, Luhut memberikan penjelasannya melalui Podcast Close The Door milik Deddy Corbuzier.

Luhut dengan tegas mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mengambil keuntungan dari tes PCR selama pandemi saat ini.

Bahkan Luhut juga menjelaskan duduk perkara alasan mengapa harga PCR bisa hingga jutaan, namun turun harga menjadi Rp275.000 di Jawa-Bali dan Rp300.000 di luar Jawa-Bali.

Kata Luhut Soal Harga PCR Mahal ke Murah

Baca juga: Datangkan Luhut Binsar Pandjaitan ke Podcast, Deddy Corbuzier: Pak, Kalau Saya Disomasi, Minta Tolong Ya

Dia menceritakan awal mula mengapa harga PCR bisa mahal pada waktu itu hingga bisa semurah sekarang.

Menurutnya, jika orang-orang mengingat pandemi yang baru muncul tahun lalu, saat itu orang kebingungan mengenai PCR, yang mana harganya bisa mencapai Rp 6-7 juta.

"Saya berpikir rakyat kecil ini gimana? dari situ kita mulai mencari dimana ada PCR yang murah. Seto sampai mencari ke Eropa hingga di China ketemu brand tidak terlalu terkenal, hasilnya baik, harganya sepersepuluh, mulai dari situ turun," ujarnya dikutip dari tayangan Youtube channel Deddy Corbuzier, Rabu (10/11/2021).

Selain itu, menurutnya di Indonesia saat ini, paling tinggi harga PCR antara Rp 275.000 hingga Rp 295.000 di pulau Jawa dan Bali.

Ketika Deddy bertanya, benarkah ada perusahaan yang pada masa itu mendapatkan keuntungan tinggi terkait PCR ini, Luhut menjawab tidak benar-benar mengetahui mengenai hal tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.